Cara Membuat Bantal Beserta Bahan dan Alat yang Dibutuhkan

Tidur tidak akan pernah nyaman tanpa bantal. Dalam hal ini, Anda dapat dengan mudah membeli barang-barang sebagai aksesoris di kamar tidur ini, namun tetap ada baiknya mengetahui cara membuat bantal yang mana hal ini bisa menjadi aktivitas yang menyenangkan untuk dicoba, dan Anda tidak akan menyesal karena berguna untuk menambah jumlah bantal di tempat tidur Anda.

Beberapa Langkah Membuat Bantal

Saat Anda ingin membuat bantal, penting untuk mengikuti langkah-langkah berikut ini yang akan memberi Anda gambaran proses yang akan dibutuhkan dalam membuat bantal sendiri. Dalam proses ini Anda diharuskan untuk menjahit, jadi ada baiknya bila Anda memiliki kemampuan dasar dalam menjahit. Jika Anda tidak bisa melakukannya, menggunakan mesin jahit juga boleh. Untuk memulai prosesnya, cukup ikuti langkah-langkah di bawah ini.

cara membuat bantal diy 01 » Cara Membuat Bantal Beserta Bahan dan Alat yang Dibutuhkan

Siapkan Bahannya
Seperti halnya memasak, Anda memerlukan beberapa bahan. Dalam hal ini, Anda harus menyiapkan kain. Untuk warna, jenis kain, dan coraknya tergantung selera pribadi Anda. Kemudian, Anda juga membutuhkan isian bantal sebagai pengisinya. Selain itu, siapkan juga kapur untuk menggambar pola.

Untuk alatnya, siapkan gunting, jarum serta gulungan benang untuk proses menjahit. Selain itu, Anda memerlukan beberapa peniti untuk membantu Anda dalam proses menjahit. Tidak ada ukuran pastinya, tetapi memiliki banyak pin adalah hal yang bagus.

Potong Kainnya
Setelah alat dan bahan tersebut siap, langkah selanjutnya dalam cara membuat bantal adalah memotong kainnya. Ukurannya tergantung kesukaan Anda, dan Anda bisa membuat pola persegi dengan menggunakan kapur. Ini akan membantu Anda dalam memotong polanya.

Dalam proses pembuatan bantal, Anda membutuhkan minimal dua potong kain. Bila Anda ingin menghasilkan lebih banyak, Anda hanya perlu mengalikan angkanya. Penting untuk memastikan kedua potongan kain memiliki ukuran yang sama.

Proses Menjahit
Setelah Anda memotong kain, ambil pin jahit Anda. Kemudian, letakkan potongan kain pertama pada potongan lainnya dan pastikan setiap tepi kain bertemu dengan tepi lainnya, sehingga Anda bisa mendapatkan presisi terbaik. Setelah Anda menyejajarkannya, gunakan pin untuk mengamankan dan mengunci posisinya sehingga nanti Anda akan bisa menjahit dengan mudah.

Selanjutnya Anda bisa mulai menjahit kainnya. Anda hanya perlu menjahit tiga sisi persegi. Tepi terakhir akan dijahit nanti setelah Anda mengisi bantal. Setelah Anda menjahit pinggirannya, jangan lupa membuat simpul untuk mengunci jahitannya. Selanjutnya balikkan bantal agar bagian dalam bisa berada di luar, sehingga diperoleh jahitan yang bagus.

Isian Bantal
Cara membuat bantal selanjutnya adalah mengisinya. Caranya mudah karena Anda hanya perlu menggunakan filler. Jumlah bahan pengisi tergantung pada kebutuhan dan preferensi Anda karena tidak ada ukuran pasti.

Setelah Anda selesai melakukannya, kencangkan tepi terakhir dengan menjahitnya. Anda dapat menggunakan peniti ketika Anda tidak mampu menahan posisi kain. Kemudian, Anda bisa menggunakan simpul untuk mengakhiri proses menjahit. Voila! Anda mendapatkan bantal buatan tangan Anda sendiri.

cara membuat bantal diy 02 » Cara Membuat Bantal Beserta Bahan dan Alat yang Dibutuhkan

Pada dasarnya membuat bantal secara DIY (Do It Yourself) tidaklah terlalu sulit. Bagian tersulitnya adalah dalam proses menjahit. Ini akan mudah bila Anda memiliki keterampilan yang baik di dalamnya. Langkah lainnya mudah. Setelah Anda mengetahui cara membuat bantal, Anda bisa merencanakan untuk membuat sarung bantalnya juga.

*Sumber Gambar: IG @ atelierrouxdesign | porterlanehome