Cara Membersihkan Mini Blinds Jendela yang Benar dan Sederhana

Tirai berfungsi untuk menutup jendela dan melindungi ruangan dari paparan langsung sinar matahari. Biasanya, Anda bisa memasangnya di bagian dalam jendela, bukan dari bingkai luar. Namun debu dan noda kotoran juga dapat bersumber dari dalam ruangan. Akibatnya, Anda mungkin melihat kerai atau blind jendela tidak dalam tampilan yang bersih dan bagus. Lantas, bagaimana cara membersihkan mini blind yang benar? Jawaban atas pertanyaan ini ada di bagian berikut.

desain mini blinds penutup jendela 01 » Cara Membersihkan Mini Blinds Jendela yang Benar dan Sederhana

Langkah-Langkah Membersihkan Mini Blinds Jendela

Metodenya akan dibagi menjadi tiga kategori. Anda dapat membersihkannya saat tirai masih tergantung di jendela dari dalam dan luar ruangan. Cara kedua adalah dengan melepas dan melipatnya, lalu merendamnya. Selain itu, Anda juga bisa menyikat dan menjaganya tetap kering.

Membersihkan Tirai pada Posisi Terpasang
Langkah pertama uuntuk cara membersihkan mini blind adalah dengan membersihkannya dalam keadaan masih menempel pada jendela. Prosesnya terlihat sederhana namun memerlukan beberapa perhatian. Cara pertama adalah penyedot debu yang langsung menyerap debu dan kotoran pada tirai. Anda harus berhati-hati saat menggunakan penyedot debu karena tirai dapat rusak.

Cara lainnya adalah proses manual dengan menggunakan kain yang sudah direndam. Anda dapat menggunakan air hangat lalu langsung membersihkan kerai dengan kain basah. Setelah itu bersihkan dengan kain kering dan ulangi cara ini secara bersamaan. Jika noda sulit dihilangkan dengan proses ini, sekarang saatnya mencampurkan air dan cuka. Untuk mencapai bagian atas, cobalah berdiri di atas bangku atau kursi lipat. Proses ini dilakukan dari area dalam ruangan tempat tirai dipasang. Anda harus membersihkan dari sisi berlawanan hingga bagian luar.

Merendam Tirai
Membersihkan tirai saat masih menggantung hanya untuk debu-debu kecil saja. Anda memerlukan cara ekstra untuk membersihkan mini blind ketika debu dan noda sudah banyak menempel pada permukaannya. Cukup sikat dan vakum tirai untuk menghilangkan benda-benda kecil. Setelah itu, Anda bisa melepasnya dari bingkai jendela untuk proses pembersihan berikutnya.

Lipat tirai saat Anda membawanya ke ruang pembersihan. Siapkan keranjang besar atau apapun yang bisa digunakan untuk merendam seluruhnya. Gunakan air hangat dan rendam selama satu jam. Semua noda akan mudah dihilangkan di dalam air. Hindari proses ini untuk kerai dari bahan kayu. Alternatifnya, Anda hanya bisa menuangkan air langsung ke permukaannya dan menggosoknya perlahan.

Sikat dan Jaga Blind tetap Kering
Langkah selanjutnya dalam cara membersihkan mini blind adalah menyikat dan mengeringkan. Keduanya bisa dilakukan secara terpisah atau bisa juga disatukan dalam satu tempat. Menyikat atau menggosok merupakan langkah untuk memastikan seluruh kerai dalam keadaan bersih. Seperti yang Anda ketahui, tirai memiliki konfigurasi yang rumit antara satu lapisan dengan lapisan lainnya. Itu sebabnya menggosok membantu menjangkau bagian sempit yang tidak mudah disedot.

Untuk mengeringkan dengan benar, Anda harus menyebarkan tirai di area yang luas. Pengeringan manual sangat ideal jika Anda perlu segera membersihkan tirai untuk segera dipasang kembali. Namun, sebaiknya tirai dijemur di bawah sinar matahari langsung. Hasilnya signifikan, khususnya untuk kerai kayu. Tentu saja, Anda harus menghindari panas ekstrem saat siang hari bolong.

desain mini blinds penutup jendela 02 » Cara Membersihkan Mini Blinds Jendela yang Benar dan Sederhana

Nah, langkah-langkah di atas saling berkaitan satu sama lain, namun Anda bisa memilih salah satu. Jika kerai tidak terlalu kotor, cukup menyedot debu dan dengan kain basah. Langkah lebih lanjut tentang cara membersihkan kerai mini blinds hanya berlaku bila kerai memerlukan pembersihan ekstra.

#Sumber Gambar: IG @ melisamyers | gdbwindowproducts