Tips Memaksimalkan Prinsip Feng Shui pada Desain Home Office (Ruang Kantor di Rumah)

Ada beberapa hal yang perlu diketahui terkait prinsip Feng Shui pada ruang kerja di rumah. Feng shui merupakan salah satu praktik dan ajaran kuno dari bumi tiongkok yang mengedepankan penempatan benda-benda agar serasi dengan alam. Memiliki home office atau ruang kantor di rumah berarti Anda harus mendesainnya dengan baik, termasuk menggunakan faktor Feng Shui. Prinsipal ini diyakini dapat meningkatkan kepositifan ruangan. Hal ini juga menimbulkan energi positif sehingga setiap orang dapat hidup lebih bahagia dan sejahtera.

Informasi Penting tentang Prinsip Feng Shui Ruang Kerja di Rumah

Bagaimana cara memaksimalkan prinsip Feng Shui pada ruangan kantor di rumah? Konsep yang dikenal sebagai Small Office / Home Office (SOHO) yang mengutamakan faktor kenyamanan seseorang dalam melakukan aktifitas bisnisnya dari rumah ini kian umum dilakukan saat ini. Berikut beberapa ide dan tips terkait hal tersebut yang dapat Anda lakukan. Pada dasarnya, setelah Anda membuat ruangan untuk kantor di dalam rumah, Anda perlu melengkapinya dengan prinsip Feng Shui agar ruangan tersebut memancarkan energi positif. Panduan untuk melakukan itu tercantum di bawah.

faktor feng shui pada home office 01 » Tips Memaksimalkan Prinsip Feng Shui pada Desain Home Office (Ruang Kantor di Rumah)

Menggunakan Cahaya Alami
Ide terbaik tentang Feng Shui yang dapat diterapkan pada area kantor di rumah adalah dengan menggunakan cahaya alami sebanyak mungkin. Cahaya alami penuh dengan getaran positif dan kesehatan yang baik. Itu sebabnya ruangan harus memiliki jendela besar sebagai jalur ventilasi ruangan.

Jendela sebaiknya dibiarkan terbuka agar cahaya alami masuk ke dalam ruangan. Ketika ruangan penuh dengan cahaya alami, maka tidak diperlukan banyak listrik untuk menyalakan lampu di dalam ruangan. Ini akan membantu Anda menghemat pengeluaran juga. Inilah mengapa cahaya alami harus dimaksimalkan pada ruangan home office.

Meja Kerja Harus Berada di Posisi Terkuat
Dalam Feng Shui, posisi kekuasaan ibarat pusat ruangan. Anda dapat melihat semuanya dengan mudah dari titik ini dan Anda juga dapat menjangkau semuanya dengan mudah. Posisi paling kuat harus memberi Anda tenaga yang dibutuhkan dan getaran positif agar merasa nyaman di dalam ruangan. Inilah mengapa meja kerja harus diletakkan tepat di tengah ruangan.

Sembunyikan Kabel dan Konektor Komputer
Ruangan kantor di rumah menurut Feng Shui yang baik tidak boleh terlihat berantakan. Inilah sebabnya mengapa ruangan harus bebas dari kabel dan konektor yang semrawut. Semua kabel dan konektor alat kerja harus disembunyikan. Sembunyikan di balik lemari, kotak, atau apa pun. Mereka tidak boleh terlihat karena akan menciptakan tampilan negatif pada ruangan.

Pisahkan Ruangan Kantor dari Kehidupan Pribadi
Ruang Kantor di rumah menurut Feng Shui harus dipisahkan dari kehidupan pribadi karena kantor adalah tempat bekerja dan seluruh rumah adalah untuk ruang keluarga. Cara memberikan pembatas antara ruang kantor dengan rumah adalah dengan menggunakan pintu yang dapat dibuka dan ditutup dengan mudah. Selain itu, Anda juga bisa menggunakan gorden atau tirai besar sebagai partisi.

faktor feng shui pada home office 02 » Tips Memaksimalkan Prinsip Feng Shui pada Desain Home Office (Ruang Kantor di Rumah)

Berdasarkan ide-ide tersebut, Anda dapat mengetahui bahwa kantor rumahan akan sangat nyaman digunakan. Inilah sebabnya mengapa Anda harus selalu mempertimbangkan prinsip Feng Shui sebelum mendesain ruang kantor di rumah. Jangan lupa untuk mempertimbangkan semua ide di atas saat membuat ruangan lain juga. Faktor Feng Shui pada kantor rumahan akan membuat ruangan senyaman mungkin untuk berbisnis dari rumah.

#Sumber Gambar: IG @ deborarealista | genesidesign