Panduan Singkat Membuat Headboard Kain Secara DIY

Headboard berfungsi untuk menjaga tempat tidur tetap pada tempatnya, terutama jika tidak diletakkan di samping dinding kamar tidur. Biasanya headboard merupakan triplek polos yang ditempelkan pada rangka ranjang tempat tidur untuk membedakan tempat Anda meletakkan kepala saat tidur dan kaki Anda. Beberapa tempat tidur atau dipan berbentuk polos tanpa pola dan hiasan. Nah, sekarang saatnya membuat sandaran kepala atau headboard bahan kain secara DIY (Do It Yourself) yang juga berguna untuk mempercantik tampilan kamar tidur Anda.

membuat headboard kain secara diy 01 » Panduan Singkat Membuat Headboard Kain Secara DIY

Ketahui Tahapan DIY Headboard Kain

Persiapan
Anda punya banyak ide untuk membuat kamar tidur menjadi lebih berwarna. Salah satunya adalah dekorasi headboard untuk mengubah divan tempat tidur yang ada menjadi lebih estetis. Langkah pertama adalah persiapan dengan memeriksa rangka tempat tidur yang Anda miliki dan jenis headboard apa yang perlu dihias dengan kain.

Cara DIY membuat Headboard dari kain perlu disesuaikan dengan ketersediaan, tetapi Anda bisa membuatnya sendiri. Beberapa tempat tidur memiliki sandaran kepala yang tidak dapat dilepas. Tempat tidur ini biasanya tersedia dalam satu paket, bukan mode perakitan. Dalam hal ini, Anda perlu menambahkan penutup ekstra dengan kain yang akan direkatkan pada headboard yang ada.

Alat dan bahan
Alat untuk proyek ini cukup sederhana dan mudah ditemukan. Anda membutuhkan stapler, staples, obeng, gunting, dan gergaji. Yang terakhir ini opsional jika Anda perlu memotong dengan cepat. Biasanya gunting dan pisau sudah cukup untuk memotong kain. Apalagi bahannya adalah kain, memory foam, lem, dan sekrup. Elemen tambahan akan diperlukan di sepanjang proses, tetapi itulah hal-hal penting yang harus Anda miliki sebelum memulai membuat sandaran kepala kain secara homemade atau DIY.

Proses Awal
Jika alat dan bahan sudah siap, Anda bisa memulai instruksinya terlebih dahulu. Pertama, pisahkan headboard dari tempat tidur atau siapkan triplek yang menyerupai ukuran headboard. Bersihkan dan cuci seluruh permukaannya lalu tunggu hingga benar-benar kering. Tambahkan lem pada salah satu sisi kepala tempat tidur yang menghadap ke tempat Anda tidur.

Pasang memory foam atau material alas lainnya secara perlahan. Setelah itu, tutupi area tersebut dengan kain hingga seluruh kepala tempat tidur tercover seluruhnya. Kunci kain dengan sekrup atau lem. Anda bisa mencampurkan keduanya untuk memastikan potongannya kuat. Bagian terakhir adalah menyatukan headboard pada rangka tempat tidur.

Instalasi
Pemasangan headboard kain ala DIY membutuhkan perhatian yang paling menguras tenaga. Anda bisa menambahkan lapisan pada permukaan headboard yang artinya lebih tebal dari kondisi sebelumnya. Meskipun busa memori dan kain dapat diatur setipis mungkin, Anda harus berhati-hati saat menambahkan bagian ini ke rangka tempat tidur.

Jika sandaran kepala Anda tidak dapat dilepas, lapisan tambahan akan diperlukan. Dalam hal ini, Anda tinggal memasang stapler dan sekrup untuk memasangnya secara langsung. Anda dapat mengunci di setiap sudut dan tepi untuk mencegah kerusakan dengan mudah. Periksa kembali hingga headboard berada pada posisi yang tepat sebelum siap dikunci secara langsung.

membuat headboard kain secara diy 02 » Panduan Singkat Membuat Headboard Kain Secara DIY

Langkah-langkah di atas tidak sulit selama Anda mengikuti instruksinya dengan benar. Setelah memahami apa yang harus dilakukan, sekarang saatnya memutuskan jenis kain dan pola apa yang ingin Anda gunakan pada headboard. Yang paling direkomendasikan adalah kain dengan permukaan halus namun tahan terhadap kelembaban dan debu. Poliester menjadi pilihan utama karena umum digunakan pada tirai, terutama pada kamar mandi. Itulah hal-hal yang harus Anda ketahui saat mengaplikasikan headboard kain secara DIY.

#Sumber Gambar: IG @ rachel_frances_b | rootedinluxe