Manfaat, Fungsi, dan Desain Papan Tulis Magnet

Dua manfaat dalam satu produk adalah apa yang Anda temukan pada papan tulis magnet. Sekilas akan tampak seperti papan tulis biasa dengan permukaan yang terang ataupun gelap. Anda dapat menggunakan kapur atau spidol untuk menulis secara langsung. Namun pada saat yang sama, Anda perlu memajang poster atau leaflet agar tulisan Anda lebih mengena ke audiens. Di sinilah fungsi papan tulis memiliki medan magnet yang memungkinkan pengguna memasukkan apa pun melalui klip magnet.

papan tulis magnet 01 » Manfaat, Fungsi, dan Desain Papan Tulis Magnet

Penjelasan Lebih Detail Papan Tulis Magnet

Orang-orang menggunakan papan tulis untuk menulis catatan selama meeting. Media ini juga dapat digunakan sebagai papan pengumuman atau menempatkan daftar menu di restoran. Pemanfaatan papan ini paling banyak terdapat di sekolah dimana guru menggunakannya untuk menjelaskan isi dan materi pelajaran. Pada dasarnya, segala sesuatu yang melibatkan presentasi atau brainstorming dengan tulisan tangan akan bergantung pada papan tulis. Namun, terkadang papan tulis saja tidak cukup dan Anda mungkin masih perlu menambahkan lebih banyak catatan menggunakan leaflet atau poster. Untuk tujuan tersebut, Anda cukup memasangnya langsung di papan tulis magnet ini.

Lapisan Pertama
Media papan tulis magnetik terdiri dari tiga lapisan dasar. Yang pertama pada bagian luarnya menyerupai lapisan papan tulis biasa. Permukaannya halus dan konturnya cocok sebagai media menulis menggunakan spidol atau kapur. Keduanya memiliki board yang berbeda dan jarang ditemukan board dengan spesifikasi kedua. Untuk marker, permukaannya relatif tipis namun cukup kuat untuk menahan gaya apa pun dari titik marker. Di sisi lain, papan tulis sebagian besar tebal namun ringan.

Dari segi desain dan tampilan, papan tulis ini terlihat sama persis dengan papan tulis biasa. Ukurannya tergantung pada apa yang Anda butuhkan, dan sebagian besar cukup memadai untuk digunakan dalam pertemuan di saung atau gubuk kecil. Anda dapat membawanya kemana saja dengan mudah lalu menempatkannya di atas dudukan. Sayangnya, Anda mungkin tidak menemukan papan dengan permukaan luas yang menutupi seluruh ruang kelas. Medan magnet akan lemah jika cakupannya terlalu luas. Itulah alasan Anda jarang melihat papan tulis berada di ruang kelas, kecuali saat kerja kelompok.

Lapisan Kedua
Pada lapisan kedua, papan memiliki medan magnet dengan konfigurasi tertentu. Bagian ini sangat tipis dan sensitif. Fungsinya hanya untuk menahan item melalui klip magnet. Untuk tujuan tersebut, papan tulis magnetik tidak memiliki banyak teknik pemasangan yang rumit. Lapisan ini akan mudah terurai akibat gangguan listrik dan magnet.

Lapisan Ketiga
Selanjutnya lapisan terakhir pada papan tulis magnet terdapat pada bagian belakang sebagai penutup dan pelindung tambahan. Di sinilah Anda memasang papan di dinding. Saat ini, beberapa metode tersedia untuk menjaga papan tetap dalam mode berdiri vertikal. Jika Anda perlu memasangnya di dinding, lebih baik menggunakan papan dengan sekrup yang kuat. Sebagai alternatif, papan juga memiliki pengait untuk dipasang tanpa diikat. Beberapa produk hanya perlu digantung langsung dan papannya sudah siap. Jika Anda ingin media papan ini lebih fleksibel, menggunakan kursi dudukan merupakan cara terbaik untuk digunakan.

papan tulis magnet 02 » Manfaat, Fungsi, dan Desain Papan Tulis Magnet

Hitam atau gelap adalah warna yang lumrah digunakan untuk papan ini. Warna tersebut akan disesuaikan dengan alat tulis memakai kapur, kecuali spidol yang permukaan papannya sebagian besar berwarna putih. Untuk memperluas fungsionalitasnya, beberapa papan memiliki dua bagian, dan masing-masing bagian ditujukan untuk alat tulis yang berbeda. Papan ini cocok untuk ruang kelas karena desainnya yang besar. Namun, medan magnet sebagian besar berada di sudut atau atas pada bagian yang terbatas. Anda dapat menulis tanpa khawatir dengan lapisan magnet yang dapat mengganggu kapur saat digunakan di permukaan papan. Ini adalah produk yang lebih disukai dari papan tulis magnet.

*Sumber Gambar: IG @ nailsactually80 | keii_304