Lantai Kaca dengan Kolam Ikan

Saat ini kolam ikan tidak selalu diletakkan di luar rumah, tetapi ada juga yang di dalam ruangan (indoor) semisal di bawah lantai pada ruang tamu atau ruang keluarga.

Rumah dengan interior yang luas tidak menjadi masalah dengan “hilangnya” beberapa meter persegi untuk dialokasikan sebagai kolam ikan. Tetapi rumah dengan luasan interior yang tidak terlalu besar akan menimbulkan sedikit masalah dengan “kehilangan” beberapa m2 yang disebabkan dengan adanya kolam.

Nah dengan kemajuan jaman sekarang ini kita bisa menempatkan kolam ikan didalam rumah sebagai solusi agar kita tidak kehilangan beberapa m2 tersebut, yaitu dengan mengaplikasikan lantai kaca yang dibawahnya terdapat kolam ikan. Umumnya kaca yang dipakai adalah jenis laminated tempered atau kaca transparan.

Model kolam seperti ini bisa menjadi sumber yang bagus untuk melewatkan waktu berkualitas bersama keluarga dan sekaligus sebagai media untuk menyalurkan hobi Anda. Bangunan kolam ikan dalam ruangan ini seperti membuat oasis mini di rumah Anda dan menambah elemen baru pada lingkungan interior Anda.

Seperti halnya kolam ikan pada taman atau halaman belakang yang umum kita bangun, kolam ikan dalam ruangan juga perlu dirancang dengan beberapa pertimbangan perencanaan yang matang.

Sekarang, mendesain kolam ikan dalam ruangan Anda itu cukup mudah. Anda dapat menggunakan perangkat lunak apa pun untuk mendesain kolam ikan indoor Anda atau menggunakan desain buatan tangan sendiri. Ada juga ribuan desain yang banyak tersedia di internet.

Perencanaan desain akan memberi Anda pengetahuan awal tentang kerangka kolam ikan dalam ruangan sehingga membuat proyek ini lebih mudah ditangani. Kolam ikan dalam ruangan berbentuk persegi adalah yang paling populer dan banyak dipakai. Juga berhati-hatilah dalam memilih bahan untuk membangun kolam ikan dalam ruangan karena akan menjamin kualitas kolam Anda nantinya.

Ingatlah bahwa apa pun desain atau ukuran yang Anda pertimbangkan untuk membangun kolam ikan dalam ruangan, Anda harus dapat menjangkau setiap sudut untuk perawatan yang tepat ketika kolam ini sudah berisi ikan.

Kolam ikan dalam ruangan sebagian besar dibuat dari kayu karena lebih cocok untuk lingkungan dalam ruangan. Namun Anda pun dapat menggunakan batu bata atau beton untuk membangun kolam ikan dalam ruangan Anda, tetapi Kami merekomendasikan penggunaan kayu lapis dan kayu yang umum dipakai sebagai bahan konstruksi seperti kayu pinus.

Anda pun bisa bermain dengan beberapa aksesoris seperti pompa air untuk memberikan efek gemericik air sehingga kesan alami akan timbul. Dibawah ini foto-foto desain dan model lantai kaca yang dibawahnya terdapat kolam ikan. Semoga bermanfaat.

Denah Desain Lantai Kaca Kolam ikan » Gambar 333 » Lantai Kaca dengan Kolam Ikan

desain kolam ikan dengan lantai kaca » Lantai Kaca dengan Kolam Ikan

#image source : arief-arsitek.com