Ide Perawatan Jendela secara DIY paling Mudah Dilakukan di Rumah

Perawatan jendela harus dilakukan di rumah. Membiarkan jendela polos dan kosong akan membuatnya kusam dan tidak menarik. Oleh karena itu diperlukan metode perawatan jendela seperti dengan kerai, gorden, kelambu, tirai, dan lain sebagainya. Jika Anda tidak memiliki cukup anggaran untuk membelinya, Anda selalu bisa membuatnya sendiri secara DIY (Do It Your Self). Berikut informasi lebih lanjut untuk Anda.

Perawatan Jendela DIY yang Paling Mudah

Meski mengerjakan perawatan jendela terkesan rumit, namun tetap menyenangkan untuk dilakukan. Ini berfungsi dengan baik jika Anda memiliki banyak waktu luang. Ada banyak ide perawatan jendela secara DIY yang bisa dibuat. Di bawah ini, beberapa yang paling sederhana dijelaskan. Anda dapat memilih mana yang paling cocok untuk Anda. Pilih salah satu yang akan terlihat terbaik untuk digunakan pada jendela rumah Anda.

perawatan jendela secara diy 01 » Ide Perawatan Jendela secara DIY paling Mudah Dilakukan di Rumah

Tirai Lipit Karton
Tirai lipit cukup umum digunakan karena dapat menghalangi cahaya masuk melalui jendela. Tirai ini juga bisa membuat jendela terlihat lebih menarik. Biasanya tirai terbuat dari vinyl dan plastik. Namun, untuk proyek DIY, Anda pasti bisa menggunakan bahan yang lebih ringan. Karton dan kertas cetak tebal dapat digunakan dengan mudah di sini. Anda dapat melipatnya dengan mudah ke dalam tirai berlipit dan memasangnya di jendela menggunakan rel atau rantai.

Tirai Vertikal DIY
Salah satu perawatan jendela DIY yang paling mudah dibuat adalah tirai vertikal. Tirai dapat dibuat dengan mudah dengan melapisi papan kayu dan mengikatnya dengan tali atau rantai logam. Proyek DIY di sini umumnya lebih serbaguna karena tidak harus melibatkan papan kayu atau bahan berat. Anda bisa menggunakan karton tebal atau kertas kerajinan untuk membuat tirai.

Trek Panel DIY
Trek panel hanyalah lapisan kain sederhana untuk menutupi seluruh jendela. Tentunya Anda bisa membuatnya sendiri. Gunakan bahan apa saja untuk membuat panel, termasuk lembaran kanvas, vinyl, atau bahkan kertas tebal.

Ketebalan material tergantung pada opacity yang Anda inginkan untuk track panel. Jika ingin terlihat tipis, gunakanlah bahan yang tipis. Sebaliknya jika ingin terlihat menutup secara total, gunakan bahan yang lebih tebal.

Tirai Romawi dari Kertas Pembungkus
Tirai Romawi adalah salah satu perawatan jendela paling terkenal. Mereka lebih seperti dekorasi daripada tirai fungsional. Perawatan jendela dipasang di bagian atas jendela. Bisa dibuat dengan mudah menggunakan kertas kado. Perawatan jendela secara DIY di sini mudah dilakukan dan dapat membuat ruangan terlihat lebih baik karena sebagian besar kertas kado dipenuhi dengan pola dan warna.

perawatan jendela secara diy 02 » Ide Perawatan Jendela secara DIY paling Mudah Dilakukan di Rumah

Ide-ide tersebut tentu saja brilian. Namun, Anda dapat memilih selain kesemuanya yang telah dijelaskan di atas. Masih banyak ide terkait perawatan jendela yang bisa dipilih. Selama Anda kreatif dan suka bermain dengan ide perawatan jendela ala DIY, Anda bisa membuat perawatan terbaik untuk jendela. Jendela rumah tidak akan terlihat polos dan membosankan lagi.

#Sumber Gambar: IG @ livingwithley | savvyinthesuburbs