Desain Ubin Gabus untuk Lantai dan Hal-Hal yang Harus Anda Pertimbangkan Sebelum Pemasangan

Lantai rumah menggunakan beberapa material dengan daya tahan dan kemampuan tinggi. Salah satu bahannya bernama gabus yang berasal dari kulit pohon oak yang selalu tumbuh setiap tahunnya. Itu sebabnya sebagian besar lantai rumah menggunakan ubin gabus. Selain itu, Anda perlu mengetahui pro dan kontranya sebelum memutuskan memasang ubin gabus untuk lantai rumah Anda.

desain ubin lantai gabus 01 » Desain Ubin Gabus untuk Lantai dan Hal Hal yang Harus Anda Pertimbangkan Sebelum Pemasangan

Pro dan Kontra Penggunaan Ubin Gabus pada Lantai

Bahan Terbarukan dan Ramah Lingkungan
Gabus merupakan bahan terbarukan yang berasal dari pohon sehingga ramah lingkungan. Pepohonan di kawasan hutan yang luas menghasilkan lembaran gabus dalam jumlah yang cukup untuk memenuhi permintaan pasar. Setelah itu pohon akan terus tumbuh dan kulit gabus mulai diproduksi kembali. Berbeda dengan kayu yang harus ditebang pohonnya. Vendor ubin ini hanya mengambil kulit luar untuk material papan atau ubin gabus.

Desain Unik, Khas, dan Elegan
Gabus memiliki desain yang unik dan khas dengan pola yang elegan. Ruangan dengan material ini seperti memiliki aspek alam. Selain itu, sebagian besar rumah tua menggunakan gabus sebagai lantainya karena mudah didekorasi dan dipadukan sempurna dengan gaya apa pun.

Tekstur Lembut
Gabus berbeda dengan kayu keras, meski keduanya tampak berkerabat satu sama lain. Gabus memiliki tekstur lembut yang kontras dengan kayu keras yang berkontur padat. Pohon menggunakan gabus sebagai pelindung dari kekuatan luar, seperti kotoran, serangga, air, debu, dan juga noda. Namun, ini bukanlah pelindung untuk menghalangi pemotongan yang dalam. Itu sebabnya ubin lantai gabus akan memiliki tekstur lembut di permukaannya. Ya, gabus lebih lembut dari vinyl dan paling kokoh.

Mudah untuk Dipasang
Alasan bagus lainnya untuk memasang gabus adalah Anda bisa menyesuaikannya dengan banyak desain. Beberapa rumah menggunakan lapisan tambahan untuk melindungi gabus, namun tetap terlihat cukup elegan sebagai hiasan. Pada umumnya gabus rentan terserang serangga dan bocor. Namun, mencegah hal tersebut terjadi adalah cara terbaik untuk menjaga kelestarian lantai jenis ini di rumah.

Isolator yang Baik
Anda memerlukan isolator untuk menjaga suhu ruangan tetap seimbang. Lantai adalah kunci untuk memastikan Anda menambahkan isolator yang tepat. Untuk tujuan tersebut, gabus adalah bahan yang paling tangguh dan dapat diandalkan. Ruangan dengan lantai gabus mampu mengurangi kadar panas dengan mudah.

Bukan untuk Pemilik Kucing dan Anjing
Ubin lantai jenis gabus juga memiliki sisi kelemahan yang perlu dipertimbangkan. Bahan ini bukanlah pilihan terbaik bagi pemilik anjing dan kucing. Jenis hewan peliharaan ini cenderung menggaruk permukaan karena teksturnya yang lembut. Akibatnya, Anda akan melihat banyak bekas goresan di sekitar lantai. Sayangnya, tanda tersebut tidak mudah diperbaiki kecuali Anda menambahkan lapisan tambahan di atasnya.

Rentan Terhadap Sinar Matahari
Gabus merupakan bahan kedap air dan tahan lembab. Namun, sinar matahari bukanlah pilihan terbaik untuk lantai gabus. Sinar matahari ekstra akan merusak fasad gabus, dan teksturnya pun rusak. Namun, Anda tidak perlu khawatir karena kemampuannya masih dalam tahap wajar.

desain ubin lantai gabus 02 » Desain Ubin Gabus untuk Lantai dan Hal Hal yang Harus Anda Pertimbangkan Sebelum Pemasangan

Nah, karena teksturnya yang lembut, benda berat apa pun akan meninggalkan bekas pada permukaan ubin gabus. Itu sebabnya ubin lantai dari gabus tidak disarankan menjadi pilihan untuk ruangan dengan furniture berat. Selain furniture, sepatu Anda juga bisa meninggalkan bekas goresan, terutama sepatu berhak tinggi. Kekuatan yang besar dari atas adalah situasi buruk yang tidak dapat ditangani dengan baik oleh lantai gabus.

#Sumber Gambar: IG @ kerfdesign | wicanders.official