Desain Tirai Top Down Bottom Up untuk Perawatan Jendela Rumah Anda

Menggunakan tirai adalah cara umum untuk perawatan jendela. Anda dapat memasang langsung pada bingkai jendela lalu mengatur visibilitasnya. Ide baru ini disebut tirai top down bottom up. Secara umum, tirai atau gorden jenis ini mirip dengan tirai biasa, namun cara pengoperasian dan pemasangannya sangat berbeda.

Menjelajahi Lebih Lanjut tentang Tirai Top Down Bottom Up

Tirai Top down Bottom up yang berarti tirai dari atas ke bawah – dari bawah ke atas memang berfungsi sebagaimana tirai pada umumnya. Namanya mungkin agak panjang. Namun, ini mengacu pada cara kerja tirai ini. Bergerak berdasarkan bingkai jendela ke atas dan ke bawah. Untuk mengetahui lebih banyak tentang hal ini, baca bagian berikut.

desain tirai top down bottom up 01 » Desain Tirai Top Down Bottom Up untuk Perawatan Jendela Rumah Anda

Fungsi
Hal pertama terkait dengan fungsinya. Beberapa orang menambahkan model tirai ini karena beberapa alasan. Yang paling umum adalah perlindungan visibilitas dari pemandangan dan pencahayaan yang tidak diinginkan. Sinar matahari yang tajam dan terlalu terang bukanlah hal yang nyaman ketika kita sedang berada di dalam ruangan. Solusinya, tirai ini akan menutupi jendela untuk membatasi intensitas cahaya.

Fungsi lainnya adalah dekorasi interior. Memiliki tirai ini akan menciptakan gaya elegan pada ruangan. Biasanya, tirai adalah pilihan yang lebih disukai tetapi tidak cukup serbaguna untuk ruangan. Dengan tirai ini, Anda tidak akan melihat kain yang lebar dan luas berkeliaran di jendela. Sebaliknya, tirai ini memadukan kain dengan cara yang elegan agar menyatu sempurna dengan bingkai jendela.

Desain dan Gaya
Tirai top down bottom up memiliki desain yang beragam. Anda mungkin memiliki gaya datar dan polos yang mirip dengan warna biasa. Gaya ini terlihat sederhana untuk menjaga cahaya tetap terkendali sekaligus menjaga pencahayaan interior itu sendiri. Gaya lainnya adalah lapisan lipat yang bisa dilipat kecil-kecil. Sekilas, Anda melihat tirai polos dengan tanda lipatan. Untuk mengakses visibilitas lebih, Anda dapat melipatnya perlahan dari atas atau bawah. Gaya lain bergantung pada pola apa yang dicetak pada permukaan tirai.

Bagaimana Cara Kerjanya
Tirai top down bottom up memiliki cara tertentu untuk bekerja pada rangka ventilasi jendela. Benda ini memiliki dua pilihan dengan fitur kabel atau tanpa kabel sebagai pengontrol. Jika Anda memilih model yang dilengkapi kabel, tirai akan bergerak dari atas ke bawah dan dari bawah ke atas secara bersamaan. Anda tinggal mengontrol bagaimana tirai ditempatkan.

Tirai tanpa kabel dipasang langsung ke bingkai jendela. Anda dapat mendorong ke atas dari penahan bawah untuk mendapatkan separuh visibilitas, namun sisi atas tertutup. Proses ini mirip pada saat Anda memerlukan visibilitas yang cukup di jendela bagian atas. Tekan ke bawah dari penahan atas dan kunci tirai.

desain tirai top down bottom up 02 » Desain Tirai Top Down Bottom Up untuk Perawatan Jendela Rumah Anda

Instalasi dan Material
Pemasangan tirai jenis ini agak rumit. Tirai memiliki bingkai sendiri untuk dipasang di jendela. Anda memerlukan alat yang tepat, dan baca buku panduan instalasinya agar terhindar dari kekeliruan. Untuk bahan, kainnya terkesan biasa karena mudah diatur dan dilipat dalam mode atas dan bawah. Beberapa kerai bersifat ketat dan kaku karena bahannya plastik, logam, kayu, dan bambu.

Tirai Buatan Sendiri
Di toko tersedia tirai top down bottom up dengan berbagai desain dan harga. Daripada membeli secara langsung, ide proyek DIY ini mungkin bisa diterapkan di rumah. Untuk pemula, tirai sederhana tanpa kabel adalah pilihan yang tepat. Anda membutuhkan kain, beberapa bingkai, penahan, dan alat bantu untuk dipasang pada bingkai jendela.

#Sumber Gambar: IG @ mariekekromme | kathygeffendesign