Desain Tempat Duduk Bay Window agar Ruangan Nyaman dan Elegan

Anda mungkin memiliki area di rumah dengan jendela lebar menghadap halaman belakang atau depan dengan konstruksi bangunan jendela yang menyerupai teluk yang menyisakan area bentuk cekung dan menjorok keluar. Ruangan sisa ini dapat Anda manfaatkan dengan menambahkan furniture kustom yang dapat Anda buat sendiri atau memesan ke tukang kayu profesional. Sesuai letak dan fungsinya, salah satu jenis mebel spesial ini disebut dengan tempat duduk bay window.

Terkadang untuk hanya ingin menikmati pemandangan indah, Anda perlu keluar ruangan. Namun, hujan dan cuaca sepertinya tidak mendukung untuk itu. Sebagai solusinya, sebaiknya pertimbangkan untuk memasang tempat duduk bay window. Untuk mengetahui lebih jauh tentang jenis furniture khusus ini, bacalah bagian berikut ini.

desain tempat duduk bay window 01 » Desain Tempat Duduk Bay Window agar Ruangan Nyaman dan Elegan

Hal-hal tentang Tempat Duduk Bay Window

Ruangan rumah memiliki jendela untuk berbagai fungsi diantaranya sebagai jalur ventilasi udara dan juga agar sinar matahari dapat masuk ke dalam ruangan. Anda dapat melihat ke luar secara langsung dan mengatur sinar matahari tetap masuk dengan tirai. Terdapat ruang di bawah jendela yang bisa Anda manfaatkan untuk bersantai. Duduk nyaman sembari menikmati cemilan kue dan kopi yang lezat tentu membawa ketenangan pikiran. Di sinilah Anda membutuhkan tempat duduk dekat jendela agar Anda tetap nyaman di tempat itu.

Fungsi Dasar
Ingatlah bahwa tempat duduk dekat jendela tidak harus berupa kursi, bangku, sofa, atau tempat duduk bentuk apa pun yang biasa Anda miliki di ruang tamu. Tempat duduk dalam pengertian ini adalah segala sesuatu yang menciptakan suasana nyaman untuk ditaruh pada area dekat jendela. Fungsi utama biasanya untuk menikmati pemandangan di luar, mengawasi anak, atau sekedar bersantai.

Pada dasarnya, Anda bisa saja memilih sofa dengan ukuran yang sama dengan dimensi jendela. Seluruh area terisi, dan semua orang bisa langsung duduk. Posisi sofa tergantung arah mana yang ingin Anda nikmati. Ini mungkin dipasang agak mundur atau ke arah jendela dengan bebas. Tapi karena bentuk areanya yang cekung tentu saja pasti akan ada ruang yang tersisa. Untuk itu banyak ide yang layak disesuaikan dengan dekorasi ruangan yang salah satunya adalah dengan tempat duduk bay window ini yang akan mengisi ruang sisa dekat jendela dengan pas dan akurat.

Bantal dan Guling
Menambahkan bantal guling adalah cara paling sederhana untuk mengisi tempat duduk bay window Anda. Guling dan bantal menjadi aksesoris tambahan untuk membuat tempat duduk Anda menjadi nyaman dan menyenangkan.

Kasur dan Matras
Anda mungkin ingin menjadikan tempat duduk di dekat jendela sebagai tempat pribadi. Dalam hal ini, karpet, kasur atau matras adalah perabot tambahan yang dapat diandalkan untuk tujuan tersebut. Sudut yang menjorok dekat jendela bisa disulap menjadi area tempat tidur asalkan cukup panjang untuk meregangkan tubuh. Selain itu, Anda juga dapat memodifikasi titik ini sebelum memasang karpet, kasur atau matras.

Karena bersifat pribadi, jendela memerlukan perawatan yang tepat, seperti gorden atau tirai. Selanjutnya, Anda harus memastikan tidak ada kebocoran dari luar terutama saat cuaca ekstrem. Jagalah area tersebut sebersih mungkin jika Anda memutuskan untuk menikmati cemilan ketika berada di atas tempat duduk bay window.

Tambahkan Meja Sederhana
Tempat duduk bay window relatif sama fungsinya dengan kursi atau bangku. Area dekat jendela ini dapat bebas menyesuaikan dengan situasi apapun. Untuk mengawasi anak-anak bermain di halaman belakang, Anda hanya perlu menambahkan meja sebagai tempat menaruh makanan dan minuman ataupun juga buku bacaan. Nah, keberadaan tempat duduk bay window beserta meja ini cocok untuk area berkumpul anggota keluarga sembari melihat pemandangan di luar. Selain itu, Anda pun bebas memindahkan meja dengan mudah jika sudah tidak diperlukan dan Anda dapat menggantinya dengan apa saja dengan praktis.

desain tempat duduk bay window 02 » Desain Tempat Duduk Bay Window agar Ruangan Nyaman dan Elegan

Umumnya, sofa ataupun satu set kursi memang tidak masalah jika diletakkan di bawah jendela. Namun, beberapa pemilik rumah mempunyai niat ekstra untuk memastikan tempat ini berkesan. Untuk itu, jenis custom menjadi sumber terbaik untuk menemukan furniture yang tepat. Tempat tidur dan kasur khusus adalah hal yang umum untuk tempat duduk pada bay window. Anda dapat menambahkan tempat tidur dan juga media penyimpanan di bagian bawah. Ide ini membantu menghemat ruang, dan Anda dapat menyimpan barang-barang yang paling sering digunakan saat duduk.

#Sumber Gambar: IG @ cottageincornwall | atelierrayclarke