Desain Rumah Minimalis 2 Lantai

Rumah minimalis yang merupakan bangunan rumah yang terletak di atas lahan yang tidak terlalu luas, memang tidak jarang membuat penghuninya merasa jenuh. Selain nampak sempit, ruang di dalam rumah minimalis memang cukup terbatas. Harga tanah yang cukup melambung juga membuat banyak orang memutuskan untuk membangun rumah secara vertikal atau menambahkan jumlah lantai pada rumah. Karena alasan ini banyak pemilik rumah minimalis memutuskan untuk melakukan renovasi pada rumah sehingga menjadi rumah minimalis 2 lantai. Rumah minimalis 2 lantai tidak hanya menawarkan kesan rumah yang lebih modern namun juga akan membuat rumah minimalis nampak lebih besar dengan jumlah ruangan yang lebih banyak juga. Namun, banyak orang yang bingung bagaimana mengatur ruangan pada saat melakukan renovasi.

Desain rumah minimalis 2 lantai 77 » Desain Rumah Minimalis 2 Lantai

Pada saat melakukan renovasi pada rumah minimalis, hal yang perlu direncanakan dengan pasti adalah pembagian ruangan pada lantai satu dan lantai dua. Pembagian ruangan ini sangat perlu dilakukan pertama kali, karena hal ini akan menyangkut anggaran yang akan digunakan dan juga kenampakan akhir rumah setelah dilakukan renovasi. Pembagian ruangan yang benar akan membuat rumah nampak lebih luas dan juga lebih bagus daripada sebelumnya. Namun, jika pembagian ruangan kurang tepat, rumah yang seharusnya nampak lebih luas setelah direnovasi akan terlihat sebaliknya. Karena rumah minimalis biasanya hanya memiliki beberapa ruangan, maka pembagian ruangan tidak terlalu rumit.

Pertama adalah, asumsikan rumah minimalis tersebut akan memiliki tiga buah kamar tidur, ruang tamu, ruang keluarga, dapur, dan dua kamar mandi. Untuk rumah minimalis 2 lantai biasanya memiliki 3 buah tempat tidur. Untuk desain satu ini sebaiknya lantai 1 hanya digunakan untuk ruang tamu, ruang keluarga, dan beberapa tempat berkumpul lainnya. Untuk ruang tempat tidur sebaiknya ada di lantai 2. Hal ini akan membuat ruangan pada lantai 1 menjadi lebih luas. Jika Anda ingin mempunyai ruangan tempat tidur di lantai satu, sebaiknya satu kamar tidur utama saja. Sedangkan dua kamar tidur lainnya dapat Anda tempatkan di lantai kedua. Di lantai dua dapat ditempatkan satu kamar anak, kamar tamu, satu kamar mandi, dan satu ruangan untuk bermain. Anda akan memiliki space lebih luas di lantai satu dan lantai dua.

Panduan singkat dalam desain rumah minimalis 2 lantai secara efisien

Banyak dari kita pasti ingin memiliki rumah minimalis 2 lantai yang indah dan nyaman untuk ditinggali. Tetapi terkadang kita berusaha untuk memperindah rumah dengan cara yang kurang tepat. Hal yang terjadi adalah bukannya memperindah rumah malah membuatnya menjadi semakin sempit dan sesak.

rumah minimalis 2 lantai efisien » Desain Rumah Minimalis 2 Lantai

Namun dengan beberapa panduan berikut niscaya rumah minimalis 2 lantai sederhana kita pun dapat menjadi lebih indah dan nyaman untuk ditinggali

  1. Hal pertama yang perlu diperhatikan adalah segi keuangan. Ada baiknya kita memperhatikan segi keuangan kita dalam mendekorasi rumah. Usahakan membeli perabotan yang sesuai dengan keuangan kita karena tidak semua perabotan mahal menjamin kualitas keindahan rumah
  2. Hal kedua yang juga cukup penting adalah prioritas. Prioritaskan membeli perabotan yang memang sangat kita butuhkan. Jangan membeli benda perabotan yang hanya akan membuang-buang uang anda. Prioritaskan untuk kebutuhan jangka panjang sehingga perabotan tersebut akan lebih terasa fungsinya.
  3. Setelah keuangan dan prioritas maka kita dapat mulai memilih gaya dekorasi yang cocok untuk rumah kita. Ada banyak gaya dekorasi mulai dari desain asia ataupun barat. Satu hal yang perlu diperhatikan dalam memilih gaya dekorasi adalah usahakan memilih satu gaya dan jangan mencampur adukan beberapa gaya dekorasi tertentu karena terkadang beberapa gaya tidak cocok untuk satu sama lain.
  4. Selanjutnya adalah penempatan dekorasi. Tempatkan satu dekorasi besar di satu ruangan dan ditambah beberapa dekorasi kecil. Jangan menempatkan beberapa dekorasi besar di satu ruangan karena akan mempersempit ruangan.