Desain Ruko Dua Lantai

Melihat begitu pesatnya perkembangan dunia bisnis di tanah air, ruko adalah sebuah alternatif yang dijadikan seseorang untuk memiliki rumah tinggal dan tempat usaha. Ditunjang dengan fakta bahwa lonjakan harga tanah juga kian hari menjadi mahal, ini menjadikan motivasi seseorang untuk memilih ruko sebagai pilihan yang tepat sebagai area usaha sekaligus rumah. Dengan dua fungsi ganda ini sesorang biasanya membuatnya dengan dua lantai, dimana lantai satu berfungsi sebagai toko atau kantor, dan memanfaatkan lantai dua sebagai tempat tinggal.

Banyak orang sadar bahwa membangun atau membeli ruko menawarkan dua fungsi sekaligus daripada membangun atau membeli rumah. Hal ini yang menyebabkan properti seperti ruko alias rumah toko menjadi incaran para investor ataupun para pengusaha. Banyak ruko yang dibangun dengan standar bangunan yang pada umumnya memanjang ke belakang. Ruko-ruko standar ini bisa anda sulap dengan mendesainnya menjadi senyaman dan sefungsional mungkin.

desain ruko dua lantai tampak depan » Desain Ruko Dua Lantai

Namun tidak sedikit orang yang bingung dengan desain ruko yang ada supaya nantinya dapat difungsikan secara optimal agar terlihat menarik dan juga nyaman untuk ditinggali. Berikut beberapa panduan tips desain ruko dua lantai terbaru dan terpopuler saat ini yang dapat anda jadikan referensi.

Warna

Kombinasikan dua warna cerah pada ruko anda. Selain memberikan efek luas dan segar, warna yang cerah juga mampu menarik perhatian calon pembeli. Pastikan warna ruko anda berbeda dengan warna bangunan di sekitarnya.

Atap tambahan

Untuk menghindari hujan dan terik matahari, anda bisa menambahkan atap plafon di depan ruko anda. Tempat yang teduh membuat kendaraan pengunjung dan kendaraan anda terhindar dari air hujan dan terik matahari berlebih.

Kaca dan cermin

Meletakkan cermin di ruko dapat memberikan kesan luas dan juga sebagai alat pengawasan tindakan kriminal. Selain itu, meletakkan barang di etalase kaca lebih terlihat jelas dan tidak terkesan penuh.

Balkon

Untuk media promosi, anda bisa memanfaatkan balkon sebagai penyangga papan iklan maupun etalase kaca yang menjorok ke luar. Jika anda pengusaha cafe, lengkapi balkon ruko anda dengan tangga spiral sebagai tempat konsumen anda menikmati hidangan cafe.

Ruang keluarga

Sebagai rumah sekaligus toko, anda bisa memusatkan ruang keluarga di lantai dua. Namun, bila ruko anda berdiri di atas permukaan tanah yang lebih rendah daripada jalan raya, maka ruang keluarga anda terletak di ground floor. Pastikan toko anda terletak sejajar dengan jalan raya agar calon pembeli mudah mengaksesnya.

Ventilasi

Karena pada umumnya ruko dibangun memanjang dan berdempetan, kegunaan ventilasi sangat dibutuhkan. Beri jendela di bagian belakang ruko agar sirkulasi udara lancar. Untuk menambah sinar matahari, sisipkan keramik kaca di dinding ruko anda ataupun atap kaca.

Sekat

Karena ruko merupakan bangunan yang minimalis dan sederhana, keberadaan sekat sangat diperlukan untuk memisahkan ruang tambahan di dalam ruko. Sekat ini juga berfungsi untuk memberikan kamar tambahan di ruang khusus keluarga anda.

denah ruko 2 lantai » Desain Ruko Dua Lantai