Desain Ruang Mushola Dalam Rumah

Desain Mushola di dalam rumah sering dianggap tidak terlalu penting ketika mendesain atau membuat perencanaan rumah. Sehingga saat anda ingin sholat dirumah akhirnya ditempat-tempat yang tidak semestinya, semisal dikamar, ruang tamu dan dilain-lain. Padahal jika anda pintar dalam merencanakan desainnya model mushola dalam rumah bisa dibuat walaupun dalam lahan yang sangat terbatas.

Mushola di dalam rumah, bagi anda yang merupakan seorang muslim, adalah satu hal yang penting untuk anda miliki. Dengan memiliki mushola ini, anda bisa melakukan ibadah di rumah anda sendiri jika anda sedang tidak ingin pergi ke masjid. Selain itu, anda juga bisa melakukan sholat jamaah dengan para anggota keluarga anda di mushola yang anda miliki di rumah anda sendiri ini. Terkadang, ada orang yang tidak memandang ruangan khusus untuk mushola ini penting. Mereka lebih memilih untuk melakukan ibadah di kamar mereka masing-masing. Namun, hal ini tentu tidak bisa disalahkan atau dibenarkan sepenuhnya. Memiliki mushola sendiri di dalam rumah itu ada manfaatnya juga.

Denah Desain Mushola Dalam Rumah Modern » Gambar 74 » Desain Ruang Mushola Dalam Rumah

Untuk membuat mushola di dalam rumah, terdapat beberapa hal yang perlu anda perhatikan. Anda tentu tidak bisa hanya menunjuk satu ruangan di dalam rumah anda untuk dijadikan mushola. Anda harus benar-benar memberikan perhatian besar dalam pembangunan mushola ini. Hal ini dilakukan agar anda tahu benar bagaimana pembangunan ruangan yang satu ini dan apakah mushola tersebut sudah sesuai dengan apa yang anda harapkan. Rasa nyaman anda ketika beribadah di tempat ini adalah hal yang perlu dinomorsatukan.

Tips untuk Desain Mushola Rumah

Dalam pembangunan mushola, terdapat beberapa hal yang perlu anda perhatikan agar mushola tempat anda beribadah ini bisa menjadi tempat paling nyaman dan sejuk di dalam rumah anda. Beberapa hal yang dimaksud di sini adalah

  • ukuran mushola harus disesuaikan dengan berapa maksimal orang yang bisa sholat di dalam mushola tersebut. Jika hanya cukup untuk 1 orang, ukuran mushola yang sesuai adalah 70 cm X 140 cm. Jika mushola tersebut untuk 3 orang, ukuran yang pas adalah 2,5 m X 4 m.
  • arah mushola tentu saja harus diarahkan pada kiblat
  • aksesoris untuk mushola yang ada di dalam rumah sebaiknya mengambil aksesoris yang sederhana saja
  • lemari minimalis dan simple adalah lemari yang dianjurkan untuk ada di dalam mushola sebagai tempat anda menyimpan peralatan ibadah dan kitab suci al-quran
  • warna yang cocok untuk mushola di dalam rumah ini adalah warna yang bisa dikatakan menyejukkan mata seperti hijau muda dan biru

Ingin tahu ragam desain mushola terkini yang mungkin bisa jadi inspirasi bagi anda dalam merencanakan tata letak mushola yang tepat, berikut kami lampirkan dalam galeri foto!

desain ruang musholla rumahan » Desain Ruang Mushola Dalam Rumah

desain mushola rumah sederhana » Desain Ruang Mushola Dalam Rumah