Desain Kipas Angin Langit-Langit Profil Rendah untuk Kesejukan Ruangan Rumah

Kipas angin plafon profil rendah merupakan peralatan elektronik yang wajib dimiliki agar ruangan menjadi lebih sejuk sekaligus memberikan tampilan yang menawan. Kipas angin jenis ini mungkin kurang terkenal dibandingkan kipas angin plafon biasa. Namun memiliki banyak manfaat yang dapat diberikan kepada pemiliknya, terutama bagi mereka yang memiliki permasalahan keterbatasan ruang pada area tempat tinggal seperti apartamen  atau rumah minimalis.

Pertimbangan Menggunakan Kipas Angin Plafon Profil Rendah

Bagi yang belum terlalu familiar dengan kipas angin plafon profil rendah atau low profile, berikut penjelasan lengkapnya. Informasi di bawah ini berisi semua yang perlu Anda ketahui tentang kipas angin gantung ini, mulai dari definisinya hingga segi keselamatan saat Anda memasang kipas angin. Ini juga memberi tahu Anda keuntungan dan kerugian dari kipas angin model ini.

kipas angin langit langit profil rendah 01 » Desain Kipas Angin Langit Langit Profil Rendah untuk Kesejukan Ruangan Rumah

Definisi
Kipas angin langit-langit low profile adalah jenis kipas angin yang dipasang langsung ke plafon, tanpa menggunakan downrod atau alat penghubung tambahan untuk menyambungkan kipas ke plafon. Dengan dihilangkannya downrod, ruang dari lantai ke langit-langit akan terlihat lebih besar dan tinggi.

Siapa Saja yang Cocok Menggunakannya?
Kipas angin ini cocok bagi Anda yang tinggal di ruangan terbatas. Kipas tidak memerlukan downrod apa pun. Peralatan ini akan dipasang tepat di langit-langit. Pastinya memakan lebih sedikit ruang. Inilah sebabnya mengapa siapa pun yang tinggal di rumah dengan area sempit atau apartemen mungil bisa memanfaatkan kipas angin jenis ini. Ini akan membuat ruangan yang kecil dilengkapi dengan kipas angin tanpa membuatnya semakin sempit karena downrod.

Manfaat Terbaiknya
Manfaat terbaik menggunakan kipas langit-langit jenis ini adalah bahwa bagi mereka yang tinggal di ruangan terbatas tetap mendapatkan suasana yang dapat menyejukkan dengan aliran udara di dalam ruangan. Selain itu, kipas langit-langit akan dipasang tepat di bawah langit-langit, sehingga lebih sulit dijangkau oleh anak-anak, bahkan ketika mereka sedang berdiri pada kursi yang tinggi.

Sisi Buruknya
Kelemahan paling menonjol dari kipas langit-langit low profile ini adalah fakta bahwa kipas tidak akan mampu mengalirkan banyak udara. Inilah sebabnya mengapa menggunakan kipas angin jenis ini tidak akan mendinginkan ruangan sebaik yang Anda kira. Alasannya adalah karena aliran udara yang dihasilkan kipas angin sangat dibatasi oleh posisi bilah kipas yang relatif sangat dekat dengan langit-langit. Untuk itu jika hawa pada ruangan dirasa masih pengap Anda perlu menambahkannya dengan kipas angin yang menempel pada dinding ruangan.

Catatan Keamanan Saat Instalasi Pemasangan
Hal yang paling penting untuk diperhatikan pada saat pemasangan kipas angin langit-langit adalah memastikan bahwa konstruksi plafon cukup kokoh dan terpasang dengan baik. Jika kondisi plafon relatif mudah goyah dan tidak stabil maka tidak akan mampu menahan beban dan getaran kipas sehingga bisa menyebabkan plafon jebol. Jika kipas tidak dipasang dengan benar, akan menimbulkan banyak masalah ketika kipas dinyalakan, termasuk getaran yang terlalu kuat dapat membuat langit-langit lebih mudah runtuh.

kipas angin langit langit profil rendah 02 » Desain Kipas Angin Langit Langit Profil Rendah untuk Kesejukan Ruangan Rumah

Sekarang setelah Anda mengetahui segala sesuatunya terkait kipas langit-langit low profile, Anda dapat memastikan bahwa Anda menggunakan kipas langit-langit jenis ini jika Anda tinggal di area dengan space dari lantai ke langit-langit sangat terbatas. Kipas angin plafon akan membuat ruangan lebih sejuk tanpa harus mengorbankan banyak ruang.

#Sumber Gambar: IG @ pinlighting | sweatquity_homes