Desain Batang Rel Gorden Sudut Beserta Fitur dan Fungsinya untuk Dekorasi Ruangan

Menggunakan batang atau rel untuk menggantung gorden merupakan hal yang umum dilakukan. Anda dapat memasang batang pada bingkai jendela lalu memasang gordyn sebagai penutup atau pelindung. Pada area tertentu terdapat dua buah jendela yang saling berdampingan pada bagian pojok ruangan sehingga menghasilkan sudut 90 derajat. Untuk menambahkan tirai, Anda memerlukan batang rel gorden sudut.

Batang Rel Gorden Sudut dan Penggunaannya

Batang gorden sudut adalah semacam rel atau alat khusus yang dipasang pada sisi sudut ruangan. Selain fungsinya, juga sangat praktis untuk tujuan dekorasi. Di kamar mandi, Anda memerlukan tirai untuk menutupi seluruh area shower maupun bak mandi. Dalam hal ini, batangnya memiliki desain berbentuk L di sudutnya agar tirai dapat diatur dari satu sisi ke sisi lainnya.

desain rel batang gorden sudut 01 » Desain Batang Rel Gorden Sudut Beserta Fitur dan Fungsinya untuk Dekorasi Ruangan

Fungsi
Fungsi utama rel gorden ini mirip dengan batang tirai pada umumnya. Anda menggunakannya untuk menahan gorden untuk digantung di jendela. Fungsi lainnya adalah di kamar mandi di mana batang harus dalam mode sudut untuk pemasangan tirai yang lebih panjang. Selain itu, Anda bisa meletakkan batang di sudut lalu menggunakan tirai sebagai hiasan dekoratif. Ini bukanlah fungsi khusus tetapi umum dalam desain interior modern.

Desain
Hal penting berikutnya tentang batang rel gorden sudut adalah desainnya. Secara umum, ada dua desain umum untuk batang rel ini. Pertama, Anda bisa menggunakan dua tirai lalu menggabungkannya dengan konektor. Keduanya memiliki ukuran dan desain yang sama di samping konektornya sendiri dari produk yang sama. Dalam hal ini, Anda hanya perlu memasangnya di lokasi tertentu dan konektor sudut akan menangani sisanya.

Desain lainnya adalah batang yang khusus untuk sudut. Desain sebelumnya adalah batang untuk fungsi reguler tanpa bagian menikung. Sebaliknya, Anda dapat membeli batang untuk tirai sudut, dan produk tersebut dirancang khusus untuk fungsi ini. Perbedaan utama antara batang sudut dan konektor sudut adalah cara Anda memasang tirai. Pada opsi pertama, gorden dan batangnya lurus, dan satu sisi akan bertemu dengan sisi lainnya tetapi gorden tidak dapat melewati sudutnya.

Jika Anda menggunakan batang sudut yang khusus untuk tujuan tersebut, tirai dapat berpindah dari satu sisi ke sisi lainnya. Satu-satunya masalah adalah panjangnya yang terbatas karena batang harus dalam posisi seimbang. Anda pun harus mengukur secara terperinci ukuran batangnya sebelum memesannya ke produsen. Selain itu, untuk mengatasi keadaan ini, Anda dapat memanjangkan batang pada masing-masing sisinya. Tambahkan lebih banyak braket dan holder untuk memastikan batang cukup kuat untuk menopang gorden.

Bahan
Bahan untuk batang gorden sudut bervariasi tergantung kebutuhan Anda. Kebanyakan batang menggunakan bahan logam, seperti aluminium dan baja karena kuat, andal, dan tahan lama. Dengan material baja, Anda tidak perlu khawatir saat menambahkan kain atau tirai tenun yang berat. Terlebih lagi, baja memiliki ketahanan yang kuat terhadap gaya tarikan dari bawah yang biasa dilakukan penghuni rumah saat mengatur tirai di dalam ruangan. Untuk aluminium, bahan ini ringan namun mudah dibentuk menjadi batang yang unik. Rel kayu juga merupakan pilihan bagus namun jarang ditemukan sebagai batang gorden untuk area sudut ruangan.

desain rel batang gorden sudut 02 » Desain Batang Rel Gorden Sudut Beserta Fitur dan Fungsinya untuk Dekorasi Ruangan

Dari penjelasan diatas anda sudah mengetahui pengertian tentang batang gorden sudut. Secara umum, batang hanyalah sejenis alat berbentuk tiang atau tongkat dengan gaya yang berbeda. Sebelum memasang batang ini, pastikan untuk memeriksa kemampuan dan sudut sudutnya. Selain itu, beberapa gorden memerlukan grommet dan penyangga tambahan yang dapat dipasang di ujung dan samping batangnya.