Desain Batang Gorden Gantung untuk Mempercantik Jendela Rumah Anda

Gorden berfungsi sebagai penutup untuk melindungi jendela dari pandangan langsung ke dalam ruangan rumah. Untuk gantungan gordyn ini, Anda memerlukan batang atau braket gantung. Perlu diingat beberapa batang rel gorden tidak semuanya untuk pemasangan mode gantung, tetapi tipe ini jarang digunakan di rumah. Untuk itu Anda harus mengetahui tentang holder atau bracket gorden sebelum membeli dan memasangnya dengan benar.

desain batang tirai gantung 02 » Desain Batang Gorden Gantung untuk Mempercantik Jendela Rumah Anda

Beberapa Hal yang Perlu Diketahui tentang Batang Gorden Gantung

Fungsi
Batang gorden adalah alat untuk menopang hordeng dan menjaganya dalam mode gantung. Anda dapat memasangnya beberapa centimeter pada tepi jendela bagian atas lalu memasang tirai melalui cincin berbentuk terbuka atau grommet. Setelah itu, Anda bisa menutup atau menyejajarkan tirai untuk menutupi jendela.

Selain untuk fungsi tersebut, Anda juga dapat menggunakan batang gorden yang mirip dengan tirai, namun penutupnya kaku dan statis. Ini merupakan alternatif jika ruangan ingin tertutup total dari pandangan manapun. Oleh karena itu alat semacam ini sering disebut dengan batang gorden gantung.

Jenis Batang
Anda sudah mengetahui fungsinya, selanjutnya adalah jenis batangnya. Tidak banyak tampilan mewah mengenai tiang gorden dalam hal desain. Bentuknya seperti tabung panjang dengan bahan yang kuat, dan beberapa di antaranya relatif ringan. Di sisi lain, beberapa tongkat terlihat berbeda karena konfigurasi dan kemampuannya. Misalnya, batang gorden yang  sederhana akan memiliki peralatan biasa yang panjang dan bagian tambahan seperti tali zip untuk grommet tirai. Ini adalah gaya paling umum untuk rel tirai sederhana.

Tipe rel gorden lainnya menggunakan mode ganda. Jenis ini memiliki dua batang yang saling berdampingan yang terhubung menjadi satu bentuk. Batang jenis ini biasanya digunakan untuk jendela yang membutuhkan dua warna. Yang pertama langsung menutup jendela dengan warna yang halus, seperti putih. Ini menjaga ruangan dari cahaya yang tajam, namun tetap memberikan cahaya yang cukup. Batang kedua untuk mode tirai penuh dengan kain tebal. Di siang hari bolong, Anda hanya dapat menggunakan tirai pertama, dan tirai terakhir untuk malam hari. Itulah yang perlu Anda ketahui mengenai jenis batang gorden gantung.

Instalasi
Kebanyakan batang gorden gantung dipasang pada bingkai jendela. Tempat lainnya adalah sebagai pemisah ruangan antara satu area dengan area lainnya. Klinik atau layanan kesehatan seringkali menggunakan tirai untuk keperluan privasi pasien. Selain itu, Anda juga bisa memasangnya di dalam ruangan, terutama saat Anda membutuhkan partisi informal. Beberapa hotel menggunakan tirai untuk mengatur dekorasi dan penataan kamar.

Tirai gantung juga berlaku untuk area kamar mandi atau shower. Tirai jenis ini disebut tirai shower untuk merujuk pada tempat pemasangannya. Kebanyakan batang tirai dipasang langsung di kedua sisi. Di sisi lain, batang tirai kamar mandi mungkin menggunakan gantungan sendiri. Anda pun dapat melepas tirai dan batangnya dengan mudah ketika membersihkannya.

Bahan
Kebanyakan batang gorden terbuat dari logam karena murah, tahan lama, dan mudah dipasang. Dahulu, bambu dan kayu merupakan material utama yang sering dipakai. Namun, terkadang kayu saja tidak cukup untuk menyangga tirai dengan bahan kain yang berat. Itu sebabnya Anda perlu mempertimbangkan bahan logam, meskipun plastik juga bisa digunakan asalkan gordennya ringan. Ini adalah informasi penting mengenai batang gorden gantung.

desain batang tirai gantung 01 » Desain Batang Gorden Gantung untuk Mempercantik Jendela Rumah Anda

#Sumber Gambar: IG @ shannonstuno | frenchvintageretro