Desain Apartemen Satu Kamar Tidur yang Nyaman untuk Dihuni

Memiliki apartemen dengan hanya satu kamar tidur bukanlah sebuah mimpi buruk. Banyak orang mungkin mengira hunian apartemen dengan hanya satu kamar tidur / 1BR (One Bedroom) akan terlihat sangat kecil dan sempit. Namun faktanya tidak seperti itu. Ada banyak sekali tipe dan gaya apartemen dengan kamar tidur single ini. Cari tahu lebih lanjut seperti Kami ulas di bawah.

Tipe Umum Apartemen dengan 1 Kamar Tidur

Secara umum, apartemen dengan satu kamar tidur tersedia dalam berbagai tipe. Terdapat lima tipe apartemen dengan satu kamar tidur yang banyak ditawarkan oleh para pengembang properti berbentuk apartemen. Cukup mengejutkan memang, masing-masing dari tipe apartemen ini memiliki fitur unik dan semuanya dapat digunakan secara berbeda. Untuk memperluas pemahaman Anda tentang apartemen satu kamar tidur, berikut adalah tipe-tipe umumnya.

desain apartemen satu kamar tidur 01 » Desain Apartemen Satu Kamar Tidur yang Nyaman untuk Dihuni

Studio
Apartemen studio adalah tipe hunian berbentuk apartemen paling umum yang hanya memiliki satu kamar tidur. Di apartemen ini, dapur dan kamar mandi berada satu area dengan kamar tidur. Ini seperti memiliki ruang besar di mana segala sesuatunya masuk tanpa sekat. Apartemen tipe ini sangat cocok bagi Anda yang ingin tinggal sendiri dengan nyaman.

Studio Ceruk (Alcove)
Alcove Studio adalah apartemen satu kamar tidur dengan sedikit partisi. Ini seperti versi upgrade dari tipe studio standar. Pada tipe ceruk, akan terdapat sedikit sekat berbentuk L tepat di pintu masuk ruangan apartemen. Pemisah tersebut bertujuan untuk memberi batas antara area publik dan area privat.

Studio Konvertibel
Apartemen Convertible Studio seperti versi besar dari studio standar. Bentuk dan konsepnya sama persis dengan apartemen studio, namun jauh lebih besar ukurannya. Apartemen ini cukup luas bagi pemiliknya untuk mendapatkan pemisah ruangan portabel dan membuat 2 ruangan di dalam apartemen. Meski begitu, secara teknis apartemen tersebut hanya memiliki satu kamar tidur saja.

Flex
Flex adalah apartemen besar dengan satu kamar tidur dan area luar kamar tidur yang luas sehingga dapat diubah menjadi apa saja. Inilah sebabnya mengapa apartemen semacam ini disebut Flex atau fleksibel. Fleksibel di sini berarti adaptif sesuai kemauan penghuni apartemen. Area tersebut dapat diubah menjadi ruang makan, ruang tamu, atau bahkan menjadi kamar tidur lain dengan menggunakan drywall yang dapat dilepas atau partisi ruangan portabel. Dengan begitu, apartemen satu kamar tidur tipe ini akan terlihat lebih layak huni.

Tipe Loft / Loteng
Loteng atau Loft adalah apartemen satu kamar tidur dengan langit-langit tinggi. Itu sebabnya ketika orang tinggal di apartemen tipe loteng, mereka akan memanfaatkan ketinggian ruangan. Kebanyakan dari mereka menggunakan tempat tidur susun atau membangun semacam rumah pohon dalam ruangan di apartemen untuk menambah keindahan serta kenyamanan ruangan.

desain apartemen satu kamar tidur 02 » Desain Apartemen Satu Kamar Tidur yang Nyaman untuk Dihuni

Meski ruangan apartemen hanya dilengkapi dengan satu kamar tidur, namun beberapa tipe apartemen di atas terkesan cukup luas untuk membuat Anda tinggal dengan nyaman. Pastikan Anda dapat memilih tipe apartemen 1BR yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Lagi pula, ketika Anda tinggal sendirian dan menginginkan privasi tinggi, apartemen satu kamar sepertinya bisa menjadi pilihan terbaik untuk dihuni.

#Sumber Gambar: IG @ therosehavenn | monacowaterfordlakes