Cara Refinishing Lantai Kayu Keras Beserta Langkah-Langkahnya

Lantai kayu keras atau hardwood flooring bisa saja menua. Usianya bisa bertambah dan seiring berjalannya waktu, tampilan lantai kayunya akan mulai berubah. Bukan hanya faktor usia saja, goresan dan aktivitas di lantai selama bertahun-tahun juga turut mempengaruhi kondisi tersebut. Untungnya, lantai kayu berbeda dengan jenis lantai lainnya. Lantai berbahan kayu ini dapat dipulihkan dan diremajakan. Ada pemolesan ulang atau refinishing pada lantai dengan material kayu keras yang akan mengembalikan desain dan tampilan lantai Anda yang berharga ini.

Informasi Mengenai Refinishing Lantai Kayu Keras

Berbicara tentang penyempurnaan atau refinishing lantai kayu keras, ini bisa melibatkan langkah-langkah yang panjang dan jangka waktu yang lama. Langkah-langkahnya sebagian besar sama, namun durasinya bisa berbeda dan bergantung pada ukuran ruangan dan lantainya. Bila ukurannya besar tentu bisa memakan waktu lebih lama. Namun hasilnya tidak akan membuat Anda kecewa. Tentu saja, dimungkinkan juga untuk mempekerjakan profesional untuk melakukan pekerjaan itu. Jika Anda masih ingin tahu lebih banyak tentang pemolesan lantai, ada baiknya untuk melihat poin-poin berikut.

refinishing lantai kayu keras 01 » Cara Refinishing Lantai Kayu Keras Beserta Langkah Langkahnya

Membersihkan dan Mengampelas
Ini adalah langkah awal dalam proses pemolesan lantai kayu keras. Dalam proses ini, membersihkan lantai merupakan hal mendasar yang harus dilakukan. Lantai disapu dan dibersihkan untuk menghilangkan debu dan kotoran lainnya dari permukaan lantai.

Setelah selesai, saatnya mulai mengampelas. Pengamplasan mengacu pada proses menghilangkan permukaan lantai yang rusak. Ini bisa rusak karena usia dan masalah lainnya. Dengan menggunakan mesin amplas sander, permukaan yang rusak tersebut dapat dihilangkan.

Untuk lantai yang luas disarankan menggunakan mesin amplas. Mesin Sander ini bekerja efektif dan dapat ditarik saat memindahkan dan membersihkan lantai. Namun, tidak bisa menutupi ruang atau sudut yang kecil. Untuk bagian ini harus digunakan sander tangan.

Setelah proses pengamplasan selesai, lantai bisa dibersihkan. Tidak akan efektif jika dibersihkan dengan cara disapu. Akan lebih baik jika menggunakan penyedot debu karena dapat menyerap debu dari lapisan yang terkelupas dengan baik.

Proses Refinishing
Untuk perawatan lantai kayu keras dengan metode refinishing, ada dua pilihan. Pertama, pewarna bisa digunakan. Bukan jenis pewarna yang hanya akan membuat lantai kayu menjadi kotor. Dalam proses refinishing lantai kayu keras, pewarna adalah sejenis cairan yang diaplikasikan pada lantai dengan material kayu. Itu akan dapat mengubah warnanya. Pewarnaan juga mampu mempertegas kayu dan karakteristiknya.

refinishing lantai kayu keras 02 » Cara Refinishing Lantai Kayu Keras Beserta Langkah Langkahnya

Untuk beberapa kasus lainnya, pewarna saja tidak cukup. Itu sebabnya cat dipilih untuk perawatan lantai kayu. Hal ini dilakukan bila ingin mewarnai kayu dengan sesuatu yang baru. Tentu saja perawatan ini tidak akan menjaga tekstur dan warna kayu.

Menerapkan Lapisan Pelindung
Lapisan-lapisan tersebut sudah dihilangkan pada proses awal penyempurnaan lantai kayu keras. Itu sebabnya layer baru harus diterapkan. Sesuai dengan namanya, ini akan melindungi kayu dari goresan langsung dan kerusakan lainnya.

Ada berbagai macam lapisan pelindung. Setiap lapisan bahan memiliki ciri berbeda dan bergantung pada preferensi pribadi serta kondisi lantai kayu keras. Ini akan mempertahankan warna dan bahkan membuat kayu keras terlihat lebih baik.

Itulah beberapa informasi dasar mengenai proses refinishing lantai kayu. Ini mungkin memakan waktu, tapi prosesnya bagus. Tentu saja, jika hal ini sulit dilakukan sendiri, tenaga profesional dapat disewa untuk melakukan pemolesan ulang atau refinishing lantai kayu keras.

#Sumber Gambar: IG @ clevelandhardwoodsolutions | heritagehardwoodfloorsnc