Cara Membuat Kelambu untuk Jendela Rumah

Cara membuat kelambu banyak dicari oleh para pemilik rumah karena memberikan kelambu pada jendela adalah salah satu cara terbaik untuk meningkatkan tampilan rumah secara keseluruhan. Kelambu jendela juga bagus untuk meningkatkan keindahan dekorasi ruangan. Nah berikut ini informasi lebih lanjut mengenai pembuatan kelambu jendela.

cara membuat kelambu jendela diy 01 » Cara Membuat Kelambu untuk Jendela Rumah

Cara Mudah Membuat Kelambu Sendiri

Meski kelambu sangat dibutuhkan di setiap rumah hunian, harga dari salah satu metode perawatan jendela ini dinilai cukup mahal. Itu sebabnya banyak orang berusaha keras menciptakan kelambu sendiri. Untungnya, ada banyak cara untuk membuat kelambu. Beberapa di antaranya tercantum di bawah.

cara membuat kelambu jendela diy 02 » Cara Membuat Kelambu untuk Jendela Rumah

Menggunakan Potongan Kain
Membuat Kelambu jendela sendiri tanpa jahitan yang paling mudah dibuat adalah dengan menggunakan potongan kain. Yang perlu Anda lakukan di sini hanyalah memotong potongan panjang kain yang tidak terpakai. Kemudian, kencangkan potongan kain tersebut ke dalam batang jendela. Dengan menggunakan banyak sekali potongan-potongan kain, akan timbul efek gembung dan berlapis-lapis yang indah sebagai kelambu.

Hal terbaik yang perlu diingat tentang proses kerajinan ini adalah menggunakan kain dengan skema warna yang sama dengan ruangan atau tirai jendela yang pada akhirnya akan membuat semuanya tampak padu dengan yang lain dan indah pastinya. Yang perlu diperhatikan bahwa Kelambu DIY tipe ini tidak mudah untuk dilepas. Anda harus melepaskan semuanya saat Anda perlu mencuci atau membersihkannya.

Menggunakan Styrofoam
Cara membuat kelambu selanjutnya adalah dengan menggunakan panel polystyrene atau styrofoam. Styrofoam ditutup dengan kain (dengan warna yang sama dengan ruangan) dan kemudian digantung pada batang atau bingkai jendela. Lubang dibuat dengan menggunakan alat pelubang untuk memasukkan pengait kemudian dipasang pada batang atau frame jendela ruangan.

Kelambu ini pastinya memiliki bentuk yang kaku karena memiliki panel Styrofoam di dalamnya. Oleh karena itu, tidak disarankan bagi mereka yang menginginkan kelambu yang dapat dipindahkan dan terlihat seperti mengapung. Perawatan jendela DIY ini sangat kuat dan tahan lama.

Menggunakan Tali Berlapis
Jika ingin membuat kelambu jendela yang lucu dan menggemaskan, Anda bisa menggunakan tali yang berlapis. Bagaimana cara membuat kelambu dengan tali berlapis? Ternyata caranya cukup mudah. Yang perlu Anda lakukan hanyalah menyiapkan beberapa tali berbeda dan kemudian memasukkan semuanya ke dalam satu lembaran besar kain menggunakan lem.

Kemudian, yang perlu dilakukan hanyalah menempelkan kain renda berlapis tersebut ke batang atau tongkat. Caranya dengan membuat lipatan kecil pada bagian atas kain, kencangkan dengan lem, lalu masukkan tongkat atau rod ke dalam lipatan tersebut.

Sekarang, Anda mengetahui beberapa metode terbaik untuk membuat kelambu jendela sendiri, bahkan tanpa harus menjahit apa pun. Anda dapat mempraktekkannya sekarang. Perawatan jendela mudah dibuat dan bagus untuk meningkatkan tampilan jendela polos yang membosankan. Bacalah informasi cara membuat kelambu di atas sebelum mencoba membuatnya.

*Sumber Image: IG @ carmylizryan_create | windowdesignsetc