Begini Cara Mendesain Rumah Minimalis yang Optimal

Saat ini, desain rumah yang minimalis kian digemari di tengah masyarakat. Salah satu alasan mengapa hal itu sangat disukai yaitu desain rumah minimalis mampu mencakup semua kebutuhan ruang namun tetap terlihat indah dan sederhana dengan menyesuaikan ketersediaan lahan yang ada. Perlu kita ketahui bahwa desain rumah minimalis tidak selamanya mengedepankan kesederhanaan semata, tetapi desain rumah minimalis yang sebenarnya yaitu ketika penghuni rumah mampu memanfaatkan semua elemen arsitektural untuk mengakomodir berbagai kebutuhannya secara nyaman dan fungsional. Jadi, desain rumah minimalis berarti menggunakan semua elemen yang sederhana namun terlihat enak untuk di pandang dan memberikan efek atau kesan yang terbaik.

desain tampak depan dan belakang rumah minimalis » Begini Cara Mendesain Rumah Minimalis yang Optimal

Pertanyaannya, bagaimana cara mendesain rumah minimalis? Pertama-tama, Konsep yang perlu untuk kita dahulukan adalah “Sedikit tapi Optimal”. Setiap elemen dalam rumah minimalis harus benar-benar di fungsikan dengan baik secara efisien dan efektif oleh penguni rumah.

Bagi Anda yang memiliki rumah minimalis, cara untuk mendekor rumah minimalis Anda ada banyak cara yang dapat dilakukan. Rumah minimalis identik dengan simple dan warnanya juga tidak begitu banyak campuran, biasanya hanya menggabungkan dua warna yang serasi dan tidak begitu mencolok dalam tipe rumah minimalis ini. Tips untuk mendekorasi rumah minimalis Anda yaitu :

  • Memilih warna untuk ruangan

Anda dapat memilih warna yang terang untuk ruangan Anda yang minimalis. Bisa memilih warna kuning muda atau putih. Atau mungkin bisa menggabungkan dua warna yang searasi dalam satu ruangan tetapi dengan warna yang tidak begitu menyolok. Contohnya mungkin menggabungkan warna abu-abu dan warna putih

  • Furniture yang selaras dengan kondisi ruangan

Bisa dengan memilih furniture yang tidak begitu tinggi dengan memilih furniture yang berukuran pendek-pendek. Misal dengan rak buku yang tinggi bisa diganti dengan almari pendek yang mempunyai lebar yang cukup.

  • Warna furniture yang kontras

Memilih furniture untuk rumah yang minimalis harus memilih furniture dengan warna yang kontras dengan warna cat ruangannya. Jika warna ruangan Anda warnanya abu-abu Anda bisa memilih warna furniture berwarna putih. Karena dengan warna yang kontras dengan warna ruangan akan menambah kesan menarik pada ruangan Anda

  • Tata letak furniture

Tata letak furniture juga merupakan point penting dalam mendekorasi rumah Anda. Jadikan ruangan Anda nyaman dan enak dipandang dengan tata letak masing-masing furniture.

contoh desain kamar mandi pada rumah minimalis » Begini Cara Mendesain Rumah Minimalis yang Optimal

Dalam mendekorasi rumah minimalis juga tidak harus dengan kita membeli furniture baru atau membeli karpet dan bahan-bahan pelengkap ruangan lainnya. Jika Anda memang tidak sedang memilki budget lebih untuk mendekorasi rumah Anda dengan menambah furniture, Anda bisa menggunakan cat atau Paint Pens yaitu spidol yang berisikan cat dinding. Dengan cat Anda bisa berkreasi sesuai dengan keinginan Anda. Dan yang lebih penting, warna yang dipakai banyak pilihannya sesuaikan saja dengan keinginan Anda akan warna yang akan dipakai. Disini ada beberapa tips mendekorasi rumah hanya dengan menggunakan cat dinding.

  • Mengecat langit-langit rumah Anda

Langit-langit rumah biasanya dibiarkan polos tidak bercorak. Warnanya juga kebanyakan hanya warna putih. Disini Anda bisa menggunakan cat dinding dan kemudian mengecat langit-langit  rumah Anda.

  • Membuat Seni dinding

Jika ada ruangan didalam rumah Anda hanya berwarna putih polos saja, Anda bisa menggambarkan sebuah seni di tembok Anda dengan warna yang kontras. Seni yang simple saja akan memberikan kesan yang artistik pada ruangan yang hanya bercat putih polos.

  • Mengecat lantai ruangan

Alternatif lain jika Anda malas menggunakan karpet untuk alas lantai Anda dan sebagai pendukung dekorasi ruangan yang indah, Anda bisa mengecetnya. Seperti berkarpet namun nyatanya tidak berkarpet. Bisa Anda menggunakan warna hitam untuk ruangan yang bercat terang agar dapat menyeimbangkan pandangan di mata. Atau bahkan meluksinya dengan cat pada lantai ruangan Anda.

  • Cat pinggiran dinding dengan pola yang menarik

Anda bisa menambahkan pola yang menarik sesuai dengan keinginan Anda pada pinggiran dinding di pintu kamar Anda atau bisa di pinggiran dinding yang lainnya. Menggunakan Paint Pens Anda bisa dengan mudah menggambar pola di pinggir dinding Anda karena bentuknya seperti spidol sehingga seperti sedang melukis.