Solusi Inspiratif Memanfaatkan Ruang Bawah Tangga Rumah

Kali ini kita akan berbagi memanfaatkan ruang area kosong di bawah tangga rumah kita, yang mungkin diantara kita ada yang merasa kekurangan tempat untuk meletakkan berbagai macam perabotan atau perlengkapan rumah. Dengan alasan tersebut, banyak pemilik rumah mempunyai keinginan untuk merenovasi rumah dengan cara memperluas ruangan untuk mendapatkan banyak space atau ruang.

Rumah yang besar terkadang masih terasa sempit karena banyaknya perabot rumah yang Anda beli. Rumah yang semula terasa luas dan longgar menjadi sesak karena terlalu banyak aksesoris rumah dan hal tersebut dapat disiasati dengan renovasi rumah. Hal lain muncul ketika berbicara tentang renovasi rumah yaitu budget yang harus Anda keluarkan tidak sedikit. Selain renovasi membutuhkan budget yang tidak sedikit renovasi juga menyita waktu dan tenaga Anda.

Jika Anda salah satu diantaranya, cobalah lihat kembali ruangan di rumah Anda, apakah sudah dimanfaatkan secara optimal atau belum.

desain tangga rumah minimalis » Solusi Inspiratif Memanfaatkan Ruang Bawah Tangga Rumah

Alternatif lain untuk menciptakan suatu ruangan di rumah Anda dengan mengeluarkan biaya yang tidak terlalu besar adalah dengan menciptakan Desain Ruang Bawah Tangga Rumah. Salah satu bagian rumah yang dapat dimanfaatkan untuk berbagai peruntukan adalah area tangga rumah. Banyak orang tidak menyadari bahwa mereka dapat memanfaatkan ruang bawah tangga untuk suatu ruangan.

Nah Ruang-ruang di area bawah tangga yang dapat dimanfaatkan antara lain di bawah tangga, pijakan anak tangga, bordes, dan juga bagian handrail.

Ruang bawah tangga dapat dimanfaatkan sebagai gudang, rak penyimpanan, kamar mandi dan sebagainya. Pada umumnya area bawah tangga memiliki plafon rendah sesuai dengan model tangga. Karena dibawah tangga, biasanya ukuran ruangan yang tersisa tidak luas.

Pada model rumah sederhana, luas area dibawah tangga biasanya sekitar 1,5 m x 2 m. Plafon ruang sisa tersebut juga tidak setinggi plafon biasa karena bentuknya yang miring mengikuti bentuk tangga.

Lalu, apa saja yang bisa kita manfaatkan untuk memanfaatkan ruang sisa di area tangga rumah. Berikut ini kami memberikan beberapa tips dalam merancang area tangga di rumah Anda.

Ide Kreatif untuk Desain Ruang Bawah Tangga Rumah

lemari penyimpanan bawah tangga » Solusi Inspiratif Memanfaatkan Ruang Bawah Tangga Rumah

Ide pertama yang dapat Anda jadikan referensi dalam mengoptimalkan ruang bawah tangga adalah dengan membangun lemari penyimpanan barang. Jika gudang Anda sudah penuh dengan barang-barang dan Anda masih bingung untuk meletakkan barang-barang lain di rumah Anda maka lemari barang di bawah tangga adalah alternatif yang sangat membantu. Anda dapat menyulap ruang bawah tangga Anda dengan lemari penyimpanan barang sehingga barang-barang yang tadinya berantakan dapat Anda letakkan di lemari penyimpanan barang di bawah tangga. Desain Ruang Bawah Tangga Rumah untuk lemari penyimpanan ini adalah ide yang tepat untuk merapikan barang-barang Anda.

rak buku dan tv bawah tangga » Solusi Inspiratif Memanfaatkan Ruang Bawah Tangga Rumah

Ide lain untuk mengoptimalkan ruang bawah tangga rumah adalah dengan menyulapnya menjadi lemari buku dan ruang baca. Seringkali ruang bawah tangga terbengkalai karena pemilik rumah tidak dapat menyulapnya menjadi tempat yang bermanfaat untuk keluarga. Anda dapat mengubah ruang bawah tangga yang tidak terpakai tersebut dengan membangun lemari buku. Selain berfungsi untuk meletakkan buku-buku bacaan, lemari buku tersebut juga dapat dijadikan sebagai lemari pajangan foto-foto atau aksesoris rumah lainnya. Jika Anda membuat Desain Ruang Bawah Tangga Rumah menjadi lemari buku, Anda dapat juga mengubah ruang disekitarnya sebagai ruang baca. Anda cukup menambahkan meja kecil beserta tempat duduk untuk kegiatan membaca Anda. Untuk mempercantik meja baca, Anda dapat menambahkan bunga atau aksesoris lain.