Saung Modern Untuk Taman Rumah

Saung atau Gazebo adalah merupakan sebuah rumah kecil dan mungil yang biasa dijadikan lesehan untuk istirahat atau bersantai bersama keluarga. Penempatan Saung biasanya diletakkan dibelakang rumah atau taman yang dijadikan tempat untuk bersantai. Namun berdasarkan dengan kemajuan jaman, sekarang ini fungsi Saung atau Gazebo tidak hanya digunakan untuk tempat istirahat ataupun tempat berkumpul bersama keluarga. Sekarang ini fungsi Saung lebih ditingkatkan kepada nilai estetika dan keindahan rumah sehingga lebih meningkatkan nilai dari rumah itu sendiri. Maka tidaklah heran model Saung sekarang ini lebih berkembang dan lebih modern.

Desain Saung Modern Untuk Taman Tampak Samping » Gambar 003 » Saung Modern Untuk Taman Rumah

Bagi Anda yang memiliki rumah dengan lahan depan, belakang ataupun samping kanan kiri yang luas tentunya dapat dengan mudah menambah keindahan taman dengan membangun sebuah saung atau gazebo. Namun bagi pemilik rumah dengan keterbatasan lahan pun masih bisa mencoba memasang saung dengan ukuran lebar panjang 1×1 meter yang dijual banyak di pasaran.

saung gazebo minimalis sederhana » Saung Modern Untuk Taman Rumah

Berikut kami uraikan hal-hal yang perlu diperhatikan ketika Anda berencana membangun saung atau gazebo untuk taman rumah minimalis Anda.

  1. Perhatikan jarak saung atau gazebo dari dinding rumah Anda
    Mengingat negara kita adalah negara tropis tentunya kita harus memperhatikan cuaca musim hujan yang akan berlangsung hingga 6 bulan lamanya. Untuk itu atur jarak saung dengan dinding rumah pada kisaran 2 meter untuk menghindari percikan air hujan yang jatuh dari atap rumah Anda. Hal ini bertujuan agar saung anda awet dan terhindar dari lapuk karena bahan dasar saung yang terbuat dari kayu atau bambu.
  2. Usahakan saklar lampu dipasang dalam rumah
    Bila Anda menggunakan saung atau gazebo untuk bersantai di malam hari, usahakan saklar lampu terpasang dalam rumah sehingga Anda dapat mudah menyalakannya dari dalam rumah meski kondisi hujan deras.
  3. Bangun akses jalan yang tidak becek
    Lagi-lagi masalah cuaca di musim hujan, usahakan bangun jalan akses dari rumah ke saung atau gazebo menggunakan bahan anti becek sehingga anggota keluarga tetap dapat beraktivitas di saung walapun hujan deras melanda lingkungan rumah Anda. Anda dapat memilih material akses jalan yang tahan air seperti beton atau batu kali dengan ketinggian minimal 20cm dari permukaan tanah taman Anda.
  4. Percantik Saung dengan tambahan ornamen atau aksesoris
    Untuk menimbulkan kesan asri, Anda dapat menambahkan beberapa ornamen atau aksesoris di sekitar bangunan saung semisal memasang pot bunga atau menggantung pot bunga hias pada dinding atau atap saung.

Untuk pemilihan bahan, anda bisa menggunakan kayu ataupun bambu sebagai material utama saung taman rumah anda agar kesan natural alami akan Anda dapatkan. Selamat ber-eksplorasi!

desain saung gazebo asri » Saung Modern Untuk Taman Rumah