Pilihan Kain Terbaik untuk Desain Gorden Lipit

Gorden Lipit atau Lipatan Jepit sering dianggap sebagai salah satu jenis perawatan jendela terbaik karena memberikan tampilan yang cantik dan sangat elegan untuk dilihat. Hal terbaik tentang gordyn Lipit atau Pinch Pleat adalah dapat mempercantik tampilan jendela secara keseluruhan karena lipatannya dapat langsung menambah tekstur dan bobot ekstra pada area tersebut yang membuat jendela akan terlihat sangat kekinian dan modern. Untuk mendapatkan gorden terbaik, Anda perlu mengetahui bahan terbaik untuk membuatnya.

gorden lipit pinch pleat 02 » Pilihan Kain Terbaik untuk Desain Gorden Lipit

Bahan Kain yang Dipilih untuk Gorden Lipit

Ada banyak bahan untuk gorden lipit. Kesemuanya harus lembut, halus, dan lentur sehingga memudahkan pembuat atau pengrajin tirai mendapatkan efek “mencubit” dan membuat lipatannya terlihat. Bahan terbaik untuk gorden atau tirai jenis ini bisa dilihat pada prolog di atas. Jika Anda berencana untuk mendapatkannya dalam waktu dekat, pastikan bahannya adalah salah satu dari bahan kain tekstil di bawah ini.

gorden lipit pinch pleat 01 » Pilihan Kain Terbaik untuk Desain Gorden Lipit

Voile
Voile adalah salah satu bahan yang paling umum untuk tirai lipit. Kainnya sangat lembut dan ringan dengan memiliki banyak warna berbeda dan dapat digunakan untuk membuat banyak perawatan jendela yang berbeda. Pembuatan lipatan menggunakan voile akan menghasilkan tampilan yang rapi dan indah. Inilah sebabnya mengapa bahan ini sangat populer untuk digunakan dalam pembuatan tirai atau gorden.

Kain Sintetis
Bahan gorden tidak harus terbuat dari serat alami. Kain sintetis kini sudah banyak digunakan untuk membuat gorden, terutama yang memiliki banyak lipatan. Kain sintetis dipercaya sangat kokoh dan memiliki kemampuan memblokir sinar UV yang penting dimiliki setiap tirai. Kainnya juga tersedia dalam berbagai corak dan warna sehingga semakin layak untuk dipilih.

Bahan Linen
Linen adalah jenis kain klasik yang terlihat sangat sederhana namun elegan. Linen juga memberikan tampilan tipis pada tirai dan memberikan lipatan yang lebih terlihat. Lipatannya dapat didesain dengan mudah saat linen sedang digunakan. Bahannya yang ringan juga mudah dibersihkan dan sebagian besar bisa dicuci dengan mesin. Hal ini membuat sebagian besar produsen gorden senang menggunakan bahan tersebut.

Beludru
Jika Anda menyukai tirai lipit yang tampak mewah, beludru harus menjadi pilihan kain utama Anda. Beludru merupakan kain yang tebal dan kokoh. Salah satu jenis tekstil ini sangat halus dan pada dasarnya sangat mahal. Dengan menggunakan beludru, Anda akan mendapatkan gorden yang tampak cantik dengan anyaman besar yang menempel ke bawah pada bagian jendela rumah Anda.

Bahan ini tidak mudah untuk dibeli, apalagi jika anggaran Anda terbatas. Oleh karena itu, Anda perlu memastikan bahwa bahan ini digunakan untuk gorden jendela jika rumah Anda ingin terlihat elegan dan mewah.

Selain kain-kain tersebut, tentunya masih banyak pilihan kain lainnya. Namun, jika menyangkut tirai yang anyamannya harus terlihat jelas, bahan-bahan yang disebutkan di atas adalah yang terbaik. Pastikan Anda mempertimbangkan untuk membeli tirai lipit yang terbuat dari salah satu bahan yang disebutkan di atas. Hasilnya pasti tidak akan mengecewakan Anda.

#Sumber Gambar: IG @ cotswoldcurtaincabin | charlottegaisford