Langkah Lengkap Cara Memperpendek Tirai Jendela dan Beberapa Saran Tambahan

Keberadaan tirai jendela terlihat keren untuk desain interior Anda. Meski memiliki fungsi yang bagus, terkadang tirai terlalu panjang dan Anda perlu mengetahui cara memperpendek tirai. Sebenarnya, ini bukanlah masalah besar yang harus dihadapi. Anda dapat memeriksa langkah-langkah di bawah ini untuk menyelesaikan problem tersebut.

Langkah Mudah Memperpendek Tirai Jendela Anda

Langkah-langkah ini mungkin terlihat mudah setelah Anda mengetahui petunjuknya. Namun, ini juga bisa rumit karena Anda dapat merusak tirai saat melakukan langkah yang salah. Oleh karena itu, ada baiknya memperhatikan detailnya. Ada beberapa langkah disertai detailnya untuk memastikan Anda mendapatkan hasil yang baik.

cara perpendek tirai jendela 01 » Langkah Lengkap Cara Memperpendek Tirai Jendela dan Beberapa Saran Tambahan

Ukur Jendela dan Tirai
Anda tidak bisa hanya membuat asumsi atau prediksi untuk panjangnya tirai. Cara memendekkan kerai sebaiknya mengetahui ukurannya secara tepat, sehingga Anda akan mendapatkan hasil yang memuaskan setelah selesai memperpendek kerai.

Bagian pertama yang harus diukur adalah jendela Anda. Ya, Anda perlu mengukur panjang jendela dengan tepat. Setelah Anda mendapatkannya, Anda juga bisa mengukur berapa panjang tirai yang harus menutupi area jendela.

Setelah itu, ambil tirai Anda dan letakkan di lantai yang rata. Untuk mengukur tirai, perlu untuk memperluasnya hingga panjang maksimum. Kemudian, Anda dapat menggunakan spidol untuk menandai bilahnya. Disarankan untuk menyisihkan slat atau bilah ekstra sebagai pencegahan jika ini terlalu pendek.

Lepaskan Bilahnya
Setelah Anda selesai mengukur dan menandai bilah, sekarang saatnya untuk bagian terpenting dalam cara memendekkan tirai. Sebelum melepas bilah, penting untuk melepas sumbat rel. Ini terletak di rel bawah. Karena mungkin sulit dilepas, sebaiknya gunakan obeng pipih.

Setelah sumbatnya dilepas, Anda akan menemukan simpul di setiap lubang sumbat. Melepaskan masing-masing bilah akan memberi Anda akses untuk melepaskan bilahnya. Kemudian, Anda dapat menarik simpulnya dan ini akan memindahkan posisi tali pengangkat. Dengan melakukan itu, akan ada ruang bagi Anda untuk melepaskan bilahnya.

Untuk mendapatkan akses yang lebih baik untuk memperpendek tirai, Anda harus menggeser rel dan melepaskannya dari posisinya. Setelah digeser, Anda dapat dengan mudah melepas bilahnya. Tentu saja, tugas Anda selanjutnya hanya menghilangkan bilah berdasarkan tandanya.

Ikat Simpulnya dan Periksa
Setelah bilah dilepas, langkah selanjutnya dalam cara memperpendek kerai adalah mengikat kembali rel bawah dan mengikat simpulnya. Tentu saja, Anda harus ingat untuk memasang sumbat di lubangnya. Ini akan melindungi kabelnya. Untuk bagian terakhir, Anda hanya perlu memeriksa tirai saja. Jika Anda melakukan semuanya dengan benar, tirai akan berfungsi normal dan dapat diperkecil serta diperluas dengan mudah.

cara perpendek tirai jendela 02 » Langkah Lengkap Cara Memperpendek Tirai Jendela dan Beberapa Saran Tambahan

Itulah beberapa langkah dan saran dalam memperpendek tirai jendela. Penting untuk memperhatikan detail dan rekomendasi yang dapat membantu Anda dalam keseluruhan proses. Tentu saja langkah-langkah cara memendekkan tirai diatas cukup mudah untuk diikuti.

#Sumber Gambar: IG @ md_blinds | honeybeehandmade_