Konsep Jalan Pintu Masuk Rumah

Seringkali, dalam mendesain rumah kita melupakan hal sepele seperti jalan setapak menuju pintu rumah. Pada umumnya rumah-rumah tidak memiliki rancangan khusus atau akses khusus untuk jalan setapak ini karena kita memfokuskan desain eksterior rumah seperti pada taman, kolam, kebun, dan teras. Padahal, anda bisa membuat tamu anda merasa istimewa dengan desain jalan pintu masuk rumah yang menarik. Tidak hanya sebagai hiasan, jalan setapak menuju rumah ini dapat difungsikan sesuai dengan kebutuhan pemilik rumah.

Setiap bangunan tentu mempunyai pintu masuk utama tak terkecuali rumah. Selain sebagai jalan pintu masuk ke rumah desain jalan pintu masuk ke rumah juga dapat mempertinggi nilai rumah hunian anda. Tapi banyak dari kita mengabaikan dan melupakan desain jalan masuk ke rumah kita ini. Padahal jalan pintu masuk ke rumah memiliki peranan penting dan merupakan satu kesatuan dari keseluruhan rumah. Ketika datang teman atau tamu-tamu anda pertama kali yang dilihat adalah jalan masuk ini.

Desain Jalan Pintu Masuk Rumah Modern » Gambar 11 » Konsep Jalan Pintu Masuk Rumah

Untuk mempercantik pintu masuk rumah, anda bisa menambah beberapa dekorasi yang mana tujuan utamanya adalah memberikan pusat perhatian yang menonjol ketika tamu atau kerabat keluarga anda datang ke rumah. Anda dapat menggunakan beberapa kursi pada area pintu masuk, mendesain nomor rumah anda dengan tampilan yang unik, ataupun memakai daun pintu yang terkustom. Coba baca tips berikut dan pilih mana yang cocok untuk diterapkan pada rumah anda.

Dihiasi rerumputan

Pada umumnya, jalan setapak menuju rumah dibuat dari batu khusus yang ukurannya dan jaraknya disesuaikan dengan langkah kaki. Ada pula yang mendesain tapakan jalan dari batu bata yan kemudian dihiasi dengan bentuk menyerupai potongan kayu yang terlihat kambiumnya. Apapun bentuk tapakan tersebut akan terlihat natural dan asri bila dikelilingi rerumputan hijau di sisi-sisinya. Rumput ini juga berfungsi sebagai penyerap air bila hujan tiba sehingga air tidak menggenangi jalan setapak menuju rumah anda.

Dikelilingi kolam

Bagi anda pecinta air, tidak ada salahnya untuk menciptakan kolam di sekeliling jalan pintu masuk rumah. Kolam dengan air yang bening ini bisa anda hiasi dengan batu-batu kali. Jika anda penggemar ikan koi, tidak ada salahnya untuk memelihara ikan koi anda di sepanjang kolam tersebut. Corak ikan koi yang menarik tentu akan membuat jalan masuk rumah ini terlihat mewah. Namun, anda harus mempertimbangkan sirkulasi air agar kolam selalu terjaga kebersihannya. Air yang keruh akan merusak nilai estetika kolam anda. Pastikan juga anda membersihkan dinding-dinding dan lantai kolam.

Batu refleksi

Jika anda sangat peduli kesehatan namun tidak sempat berolahraga, anda bisa meletakkan batu refleksi di sepanjang jalan menuju rumah anda. Ya, batu refleksi yang diambil dari batu sungai ini sangat berguna bagi kesehatan. Pemasangannya pun tidak terlalu rumit karena anda bisa menanamkan batu refleksi ini di atas semen basah. Anda pun bisa berolahraga setiap hari, atau tepatnya setiap anda keluar masuk rumah, saat anda melintasi jalanan dengan batu refleksi tersebut. Namun pastikan anda serta tamu-tamu anda melepas alas kakinya agar batu refleksi tersebut bersih dan tidak mudah rusak.

desain jalan setapak masuk rumah » Konsep Jalan Pintu Masuk Rumah