Desain Ruang Home Theater Dalam Rumah

Jika anda pecinta film namun anda tidak sempat pergi ke bioskop, home theater adalah solusi utama. Kehadiran home theater sangat membantu pecinta film untuk menikmati waktu luang mereka bersama keluarga. Anda bisa menghadirkan home theater di rumah anda mulai dari home theater yang mewah dan eksklusif hingga ke simpel dan sederhana. Baik desain mewah maupun sederhana, ada beberapa hal yang harus dipertimbangkan saat anda ataupun perancang home theatre mendesainnya.

Struktur Desain Bioskop Dalam Rumah » Gambar 004 » Desain Ruang Home Theater Dalam Rumah
Foto © www.mundofacil.net
Resolusi Foto: 2760×1848

Yap betul, seiring dengan kemajuan teknologi, menonton film sekarang tidak perlu pergi ke bioskop, anda dapat menciptakannya sendiri dirumah, dengan membangun home theater. Diakui atau tidak, menonton film masih menjadi media hiburan utama yang digemari masyarakat setelah disibukkan dengan tugas-tugas kantor. Selain untuk menonton film, home theatre juga difungsikan sebagai ruang keluarga, tempat karaoke, dan bermain game.

Anda pun dapat berkreasi sendiri ketika berencana membangun bioskop mini dirumah, seperti pemilihan mebel yang tepat baik itu meja untuk menaruh cemilan ataupun penggunaan kursi yang nyaman. Atur pencahayaan ruangan dengan pemilihan lampu yang tepat dan tidak berefek panas pada ruangan. Gunakan juga aksesoris tambahan seperti aneka poster bintang film favorit anda. Jangan lupa juga mengontrol jarak antara layar tv atau proyektor dengan posisi tempat duduk anda sehingga dapat mengurangi resiko lelah pada mata.

Untuk anda yang ingin menciptakan home theater dalam rumah coba ikuti tips membangun home theater dalam rumah berikut ini.

Bentuk ruangan

Bentuk ruangan terbaik untuk home theater adalah persegi ataupun persegi panjang. Bentuk ruang ini mampu memantulkan suara dengan sempurna dibandingkan bentuk ruang yang lain. selain itu, bentuk persegi memudahkan anda menata furnitur-furnitur di dalamnya. Anda bisa menyediakan ruang khusus untuk home theater anda maupun ruang lain seperti kamar ataupun ruang keluarga.

Kondisi ruangan

Pastikan ruangan untuk home theater anda memiliki jumlah jendela yang sedikit agar jumlah sinar matahari yang masuk terbatas. Hal ini dikarenakan sinar matahari dapat menyilaukan layar yang akan mengganggu kejelasan gambar di layar. Untuk menghindari silau, anda bisa menyesuaikan warna dindingnya. Warna dinding lebih diutamakan warna yang gelap dan lembut seperti warna coklat tan atau hijau olive.

Peredam suara

Jika anda ingin mendapatkan efek suara yang dahsyat tanpa mengganggu orang atau tetangga di sekitar anda, maka anda butuh peredam suara. Desainlah dinding peredam suara di ruangan home theater anda lengkap dengan karpetnya. Karpet membantu menyerap suara, karena suara dapat memantul dari lantai. Selain itu karpet juga berfungsi untuk menambah kenyamanan ruang menonton anda.

Peletakkan TV dan speaker

Letakkan TV di tempat yang aman dan pastinya jauh dari jangkau anak-anak. Anda bisa membeli set lemari TV yang dilengkapi dengan tempat untuk DVD player dan juga berfungsi untuk tempat speaker. Selain itu, anda bisa menempelkan TV anda ke dinding untuk penampakan TV yang lebih tinggi.  Speaker bisa diletakkan mengikuti peletakan TV anda.

Sofa tidur

Untuk kenyamanan saat menonton, karpet saja tidak cukup. Anda bisa meletakkan sofa biasa maupun sofa tidur yang berfungsi sebagai tempat duduk dan tempat tidur sekaligus.