Desain Tirai Jendela Anti Tembus Pandang dan Pemasangannya agar Berfungsi dengan Baik

Beberapa pemilik rumah perlu memasang tirai anti tembus pandang atau blackout untuk beberapa tujuan. Nah, jenis tirai ini merupakan jenis kain yang bisa diandalkan untuk dipasang langsung sebagai penutup jendela. Tujuan utamanya adalah untuk mengendalikan cahaya dari luar yang menembus secara tajam. Di beberapa negara dengan musim panas yang panjang, cahaya berlebih membuat ruangan dalam rumah menjadi tidak nyaman. Untuk mengetahui lebih banyak tentang topik ini, baca bagian berikut.

tirai jendela anti tembus pandang 02 » Desain Tirai Jendela Anti Tembus Pandang dan Pemasangannya agar Berfungsi dengan Baik

Memahami Tirai Anti Tembus Pandang

Eksplorasi terkait topik ini dimulai dari pemahaman tirai blackout. Anda perlu tahu apa sebenarnya item ini. Setelah itu, pahami fungsinya, ruangan tempat sebagian besar peralatan ini dipasang, dan beberapa hal terkait. Ini akan mencakup informasi penting yang cukup mewakili untuk memilih jenis tirai ini yang tepat.

Apa itu Tirai Blackout
Secara sederhana, tirai anti tembus pandang adalah kain polos atau penutup yang dipasang di bingkai jendela. Perlu diingat bahwa tirai jenis ini berbeda dengan gorden. Bila menggunakan tirai ini, jendela akan tertutup seluruhnya, sedangkan gorden hanya menutupi sebagian saja. Bahan untuk tirai ini pun beragam, mulai dari plastik, kayu, kain, hingga vinyl. Selama mampu menutup jendela secara keseluruhan, apa pun materialnya bisa diandalkan sebagai tirai anti tembus pandang.

Fungsi
Bagian terpenting saat membahas tirai blackout adalah fungsinya. Ada beberapa fungsi dasar yang perlu diperhatikan dengan memiliki tirai ini di dalam ruangan. Pertama, menghalangi cahaya menembus ruangan tertentu. Ingatlah bahwa tirai tidak hanya menjadi penutup antara ruangan dan area luar. Fungsi ini juga serupa untuk menjaga kegelapan tertentu pada ruangan dari cahaya berlebih.

tirai jendela anti tembus pandang 01 » Desain Tirai Jendela Anti Tembus Pandang dan Pemasangannya agar Berfungsi dengan Baik

Fungsi kedua adalah kebisingan yang berasal dari celah jendela. Di ruang rapat, kondisi tenang dan konsentrasi merupakan hal yang penting. Kebisingan akan mengganggu fokus Anda. Selain itu, ruang kelas sering kali menggunakan tirai bernuansa gelap ini agar kebisingan dari luar ruangan tidak mudah menyebar masuk. Ini seperti ruang tertutup untuk kebisingan dan cahaya. Fungsi selanjutnya adalah hemat energi. Dengan ruangan gelap, panas menjadi seimbang dan konsumsi energi tetap terkendali.

Ruangan dengan Tirai Blackout
Tirai anti tembus pandang dapat diandalkan untuk beberapa ruangan. Secara umum, ruangan mana pun bisa memiliki tirai jendela blackout. Kebanyakan orang menggunakan tirai di ruang kelas, ruang pertemuan, kamar bayi, kamar tidur, ruang pribadi, gudang, apartemen, dan home theater. Kamar tidur sepertinya menjadi area paling umum yang menggunakan tirai blackout, apalagi jika Anda sering tidur di siang hari bolong.

Desain Tirai Blackout
Desain tirai blackout pada umumnya cukup sederhana namun fungsional. Kebanyakan orang menggunakan warna polos yang terlihat seperti wallpaper besar. Namun, tirai ini dapat dilipat menggunakan mode tergulung di bagian atas jendela. Anda dapat menggulungnya ke bawah saat membutuhkan kegelapan ekstra, lalu menariknya ke atas untuk mendapatkan lebih banyak cahaya. Beberapa warna memiliki kontrol agar intensitas cahaya dapat menembus dengan lancar.

Hal-Hal Lain
Selain dari sisi fungsionalitas, tirai tersebut juga mampu memberikan sisi dekorasi dan estetika. Desainer menggunakan warna untuk disinkronkan dengan gordyn jendela. Tirai dengan warna polos memiliki pola ornamen yang tampak indah saat cahaya kecil mencoba melewatinya. Sejak dahulu kala, orang mengandalkan corak untuk karya seni.

Setiap corak memiliki fungsi dasar, desain, dan deskripsi yang sama. Satu hal yang membedakan antara tirai blackout dan lainnya adalah cara kerja tirai tersebut. Jika ruangan perlu gelap, jenis blackout lebih cenderung dipilih. Selain itu, ruangan akan lebih fungsional bila tirai anti tembus pandang ini dipasang dengan benar.

#Sumber Gambar: IG @ whiteoak.blinds | hartman_haus