Desain Exterior Balkon Alami

Balkon rumah merupakan salah satu unsur penunjang dalam sebuah rumah hunian. Di tempat ini kita bisa bersantai bersama keluarga tapi kebanyakan masyarakat kita menggunakannya untuk menjemur pakaian. Dengan semakin berkembangnya desain bangunan belakangan ini semakin berkembang pula kreatifitas, konsep dan fungsi dari balkon rumah. Selain sebagai pemanis tampilan rumah anda, balkon bisa juga digunakan untuk bersantai sambil menikmati pemandangan dari atas.

desain balkon mewah » Desain Exterior Balkon Alami

#sumber foto: IG @ lumon_spain

Namun apapun itu konsep dan desain balkon yang anda terapkan, ada beberapa hal penting yang harus anda perhatikan. Salah satunya adalah balkon rumah anda harus memperhatikan aspek keselamatan bagi penghuninya. Karena itu Anda harus mengutamakan seberapa kuat tiang penyangga balkon dibangun dan seberapa renggang jarak antara tiang-tiang balkon diperkirakan akan memberikan rasa aman bagi keluarga Anda.

Disini Kami akan membagikan desain balkon yang mungkin bisa jadi inspirasi anda dalam membuat desain balkon.

Model bangunan

Hal pertama yang harus dipertimbangkan adalah tinggi pagar balkon yang harus melebihi pinggang orang dewasa. Hal ini dimaksudkan agar anak kecil tidak terjatuh saat bermain di balkon. Pastikan juga pagar tidak terlalu renggang agar anak kecil tidak bisa menyelipkan badannya.

Selanjutnya, perhatikan saluran air bila hujan tiba, anda tentu tidak ingin melihat air cipratan hujan menggenangi balkon anda bukan? atau, untuk menghindari cipratan air hujan, anda bisa memberikan atap tambahan di atas balkon yang sayangnya akan menghalangi kesempatan anda untuk melihat ke atas.

Untuk mempermudah akses ke balkon, anda bisa menambahkan tangga spiral menuju balkon. Tangga spiral ini menjadi jalur cepat dan juga pemanis balkon anda. Jadi anda tak perlu repot keluar masuk ruangan untuk menuju balkon nyaman anda.

desain eksterior balkon keren » Desain Exterior Balkon Alami

#sumber foto: IG @ luminous_terrace

Dari balkon, anda bisa menikmati pemandangan seperti sunset ataupun sunrise, dengan syarat tidak terhalang bangunan lain. Untuk itu, arahkan balkon ke timur atau barat untuk menikmati pemandangan saat pagi dan sore hari. Arah balkon bisa disesuaikan dengan keinginan anda terutama bila anda ingin menikmati pemandangan seperti gunung, sungai, maupun jalan raya.

Hiasan

Anda bisa menghias balkon dengan tanaman yang melingkari pagar balkon ataupun tanaman yang diletakkan di dalam pot. Pot-pot bisa diletakkan di pojok kanan dan kiri balkon atau di sepanjang balkon. Biasanya balkon yang dilengkapi pot-pot tanaman ini memiliki saluran air untuk menyiram tanaman tersebut. Selain itu, lantai balkon yang terbuat dari kayu bisa menambahkan suasana alami. Kursi dari rotan juga bisa jadi alternatif untuk bersantai bersama keluarga. Jika balkon anda cukup luas, berikan ayunan yang digantungkan pada langit-langit.

Jika balkon anda luas dengan atap terbuka, anda bisa meletakkan payung besar dilengkapi dengan meja dan kursi ala kafe-kafe modern. Konsep kafe bisa anda terapkan di balkon anda untuk menikmati pemandangan dan suasana nyaman di rumah anda.